VISUALISASI SENI DALAM AL-QUR’AN DALAM MODEL PEMBELAJARAN (Konten Analisis terhadap Pemikiran ‘Aly Ahmad Madkūr dalam Manhaj Al-Tarbiyyah fi Tashawwur Al-Islāmy)
Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan konten analisis terhadap pemikiran ‘Ali Ahmad Madkūr dalam Manhaj Al-Tarbiyyah fī Tashawwur Al-Islāmy tentang Visualisasi Seni dalam Al-Qur’an. Latar belakang penulisan artikel ini adalah Al-Qur’an sebagai teks poros dalam sejarah kebudayaan dan peradaban Arab-Islam, sarana komunikasi antara Syāri’ dan makhlukNya, dan gaya bahasa Al-Qur’an berbeda dengan gaya bahasa lainnya, maka memahami maknanya memerlukan pendekatan dari berbagai aspek, termasuk seni visual dalam estetik teks Al-Qur’an. Urgensitas penulisan artikel ini memberikan pengaruh secara psikis yang membangun kekaguman, menyuburkan pemikiran dalam interprestasi teks Al-Qur’an, serta upaya mengatasi stagnasi bahasa, terutama kaitannya dengan dimensi pendidikan sehingga pendidikan benar-benar berdasar pada kekuatan norma Qur’any. Pendekatan metode penulisan artikel ini adalah pendekatan kulitatif, tafsir tahlili, dengan metode analisis sintesis terhadap konten pemikiran ‘Ali Ahmad Madkūr tentang visualisasi seni dalam Al-Qur’an hingga pada kesimpulan. Masalah dalam artikel ini adalah apa gagasan ‘Ali Ahmad Al-Madkur gtentang visualisasi seni dalam teks Al-Qur’an?, Bagaimana visualiasasi seni dalam pembelajaran?. Hasil penelitian bahwa salah satu i’jāz Al-Qur’an adalah aspek bahasa, salah satunya dapat dipahami melalui instrument stilistika, dan al-tashwir guna mendeskripsikan ilustrasi pesan wahyu dan memunculkan core value.
Full Text:
PDFReferences
‘Ali Ahmad Madkūr, Manhaj al-Tarbiyyah fī tashawwur al-Islām, al-Qāhirah: Dār al-Fikr al-‘Arāby, 2002
Basrudin Usman M, Methodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: PT Ciputat Press, 2002
Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2001
herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-savi/
Kamus Besar Bahasa Indonesia Online
M. Farūq al-Nabhān, al-Madkhal Li al-Tasyrī' al-Islāmy, Beirut: Dār al-Qalam, 1981
Mannā‘ al-Qattān, Mabāhis Fī ‘Ulūm al-Qur’an, Riyād: Manysūrah al-'Asr al-Hadīts, 1972
Muhammad Djarot Sensa, Komunikasi Qur’aniyah, Bandung: Pustaka Islamika, 2005
Nanang Rizal, Kedudukan Seni dalam Islam, TSAQAFA, Jurnal Kajian Seni Budaya Islam, Vol. 1, Juni 2012
Yulita Pujilestari dan Afni Susila, Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Vol. 19 No. 2 Tahun 2020
Yulita Pujilestari dan Afni Susila, Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, Vol. 19 No. 2 Tahun 2020, Hal. 40 – 47
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Zulkifli Rusby, dkk., Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar, Jurnal Al-Hikmah, Vol 14, No. 1, April 2017, ISSN 1412-5382
Refbacks
- There are currently no refbacks.