PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA INTERNET TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK” (Studi di MTs. Shidiq Al-Farizy, Baros, Kabupaten Serang).

Najmudin Najmudin, Iwan Ridwan, Mahmud Apriadi, Siti Muhibah, Abdul Aziz

Abstract


Media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatannya. Media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat dilihat, didengar, dan dibaca. Media internet merupakan sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia dimana antara satu komputer dengan komputer lain di dunia dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Internet merupakan forum global yang tidak membatasi negara, birokrasi, manusia dan waktu.  Berdasarkan latar belakang di atas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1). Bagaimana pemanfaatan media internet terhadap mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Shidiq Al-Farizy?  2). Bagaimana penyelesaian tugas siswa kelas IX terhadap mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Shidiq Al-Farizy? 3). Apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media internet terhadap penyelesaian tugas siswa kelas IX pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs. Shidiq Al-Farizy? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan penggunaan media internet pada mata pelajaran aqidah akhak di MTs. Shidiq Al-Farizy, 2). Untuk mengetahui penyelesaian tugas siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. Shidiq Al-Farizy, 3). Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media internet terhadap penyelesaian tugas siswa kelas IX pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs. Shidiq Al-Farizy. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Shidiq Al-Farizy, Baros,  Kabupaten Serang, dengan jumlah sampel 37 siswa, dari populasi dengan jumlah 37 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa Pemanfaatan Media Internet di MTs. Shidiq Al-Farizy, Baros,  Kabupaten Serang berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan, dan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam menyelesaikan tugas siswa pada  Mata Pelajaran Aqidah Akhlak yang baik. Jadi dapat diinterprestasikan bahwa pengaruh Pemanfaatan Media Internet terhadap Penyelesaian Tugas Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terdapat koefisien korelasi yang sedang dengan indeks koefisien korelasi (rxy = 0,59). Adapun kontribusi Pemanfaatan Media Internet terhadap Penyelesaian Tugas Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak sebesar 38,6%, sedangkan sisanya 62,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut.


Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Shaleh, Manfaat Intenet Bagi Masyarakat Kampus dalam Melacak Informasi, Tasikmalaya: Universitas Siliwangi, 2002.

Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Graindo Persada, 2006.

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, e-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan, Yogyakarta: Andi, 2007

Diptoadi, Veronica L, Susanto Teopilus dan Hartono Pranyoto. Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Memperbaiki Pengaksesan PBTJJ: Sebuah Studi Kasus. (http://www.pustekkom.go.id/teknodik/t10/10-10.htm

E Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Jonner Hasugian, Pemanfaatan Internet, Studi Kausus tentang Manfaat dan Tujuan Penggunaan Internet oleh Mahasiswa pada Perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol. 1, No. 1, Juni 2005.

Mahrus, Aqidah, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, 2009.

Miarso Yusuf, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: PT. Prenada Media, 2004.

Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.

Nasution, Laila Hadri. 2006. Pemanfaatan Internet Guna Mendukung Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Program Pascasarjana UNIMED.

Subana, Statistik Pendidikan, Bandung: PT. Pustaka Setia, 2005.

Warsita Bambang, Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Zubaidi, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.