IMPLEMENTASI SHODAQOH MELALUI GERAKAN SERIBU SEHARI (GESER) DALAM PENANAMAN KARAKTER GOTONG ROYONG DAN PEDULI TERHADAP SESAMA

Wardatul Ilmiah, Nanah Sujanah, Istinganatul Ngulwiyah

Abstract


Gerakan seribu sehari (geser) merupakan pemantik dalam mewujudkan sikap kepedulian sosial; karakter saling berbagi di lingkungan Komplek Bungur Indah Kota Serang. Gerakan ini sebagai wujud pengimplementasian dari pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari sabtu pada Majelis Ta’lim Baiturrohim Bungur Indah Kota Serang. Dari gerakan seribu sehari diharapkan mampu mewujudkan sikap kepedulian sosial (karakter gotong royong dan peduli terhadap sesama) diantara jama’ah pada khususnya dan bagi warga sekitar komplek pada umumnya. Dalam praktiknya geser dilaksanakan setiap hari yang dikoordinir oleh ketua RT setempat yang kemudian dikelola oleh pengurus jama’ah majelis ta’lim Baiturrohim. Walau slogannya gerakan seribu sehari “geser” namun pada praktiknya banyak yang menginfakkan hartanya lebih dari seribu. Dan alhamdulillah melalui gerakan ini sedikitnya bisa membantu mewujudkan kepedualian sosial di sekitar warga Bungur Indah. Dari gerakan seribu sehari alhamdulillah jama’ah majelis ta’lim mampu memberikan santunan yatim warga sekitar, juga bisa membantu perekonomian marbot masjid serta memberikan santunan kepada guru-guru ngaji di setiap RT nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausal kontributif yaitu metode penelitian yang biasa digunakan sebagai petunjuk arah antara hubungan variabel bebas dengan variabel terikat, juga untuk mengukur seberapa besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah implementasi shodaqoh dan variabel terikatnya adalah kepedulian sosial jama’ah Majelis Ta’lim Baiturrohim. 


Full Text:

PDF

References


Ade engkus kusnadi, Pengembangan Kepedulian Sosial Warga Negara Melalui Kebijakan Pemerintah Daerah Mengenai Zakat, Infak Dan Shodaqoh, dalam Jurnal Sosioreligi volume 16 nomor 1, edisi Maret 2018, dalam https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/10685.

M Abdul Mujieb dkk, Kamus Istilah Fiqih, Jakarta ; Pustaka Firdaus, 1994.

Muhammad Sayyid Sabiq, Fiqih Sunnah Jilid 2 Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2013, P. 41

Tim Dosen MPK PAI Untirta, Religiositas Dan Pembangunan Umat Islam, Serang: Untirta Press, 2019, P. 184.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.