PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMPN 2 Mancak Kabupaten Serang)

Firda Yuliarda, Anis Fauzi

Abstract


Rendahnya Kreativitas siswa dalam proses pembelajaran dapat mengakibatkan proses
mengajar menjadi kurang optimal, sehingga materi yang diajarkan atau disajikan menjadi tidak
tuntas dan hasil belajar akan menurun. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah
profesionalisme guru dan kreativitas belajar siswa. Guru yang profesional mampu menumbuhkan
mental siswa dalam belajar. Sehingga seorang guru yang profesional mampu menunjukan kebutuhan
dasar (tujuan) dari belajar yang pada akhirnya dapat menumbuhkan atau mendorong siswa
dalammencapai keinginan Atau tujuan dean cita-cita. Permasalah pokok dalam penelitian ini adalah
bagaimana pengaruh profesionalisme guru dan kreativitas Belajar siswa terhadap hasil belajar
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IX SMPN 2 Mancak? Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan kreativitas Belajar siswa terhadap hasil belajar
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Mancak. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kuantitatif, dengan profesionalisme guru dan kreativitas belajar siswa sebagai
variabel independen serta hasil belajar sebagai variabel dependen. Teknik pengumplan datanya
berbentuk angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Dari hasil uji hipotesis menunjukan
bahwa ada pengaruh profesinalisme guru dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar PAI sebesar
0,753 yang termasuk dalam katagori tinggi. Sedangkan kontribusi pengaruh profesionalisme guru
dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 56,7%.
Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Kreativitas Belajar Sswa, dan Hasil Belajar PAI


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.