Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiyah Turus Pandeglang

Siti Muhibah

Abstract


Penguatan pendidikan karakter menjadi semakin mendesak untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan, mengingat krisis moral kini telah melanda dunia pendidikan tak terkecuali lembaga pendidikan Islam. Pondok pesantren Turus sebagai salahsatu pesantren salafiyah tertua di kabupaten Pandeglang memiliki peran penting dalam pembinaan karakter generasi muda masyarakat Pandeglang, sehingga lulusan pondok pesantren Turus banyak yang berhasil menjadi ulama, umara, guru dan dosen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter yang diterapkan di pondok pesantren Turus serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu untuk mengungkap fakta, data, dan fenomena yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan karakter di pondok pesantren Turus adalah: 1) Dengan melakukan pembiasaan shalat berjamaah, 2), Pembiasaan kultum ba’da sholat magrib, 3)Pembiasaan melakukan  nilai-nilai  luhur  Islam, 4) Perilaku  Kyai  sebagai central  figure, 5), Mengkaji kitab kuning dan menghafalnya. Adapun faktor pendukung adalah: 1) Sarana prasarana yang memadai, 2) figure kyai yang memberikan teladan, 3) Aturan yang tegas, 4) Pengawasan dari Ustadz/Ustadzah,  5) Adanya sanksi  yang tegas. Faktor penghambatny adalah: 1) Ada beberapa santri yang memiliki latarbelakang kurang baik, 2) Santri yang masih perlu beradaptasi dengan lingkungan pesantren. Oleh karena itu perlu dimaksimalkan lagi penguatan pendidikan karakter kepada seluruh elemen yang ada di pondok pesantren agar dapat menciptakan generasi yang selain cerdas juga berkarakter

Full Text:

PDF

References


Ali. Mohammad. (1982). Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa

Dhofier, Zamaksari, 1982. Tradisi Pesantren, Jakarta : LP3ES

Daulay, Haidar Purba, 2007. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Kencana),

Gaffar, Mohammad Fakhry, 2010. “Pendidikan Karakter Berbasis Islam” Makalah Workshop Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Yogyakarta: 22 Juli 2010.

Ridwan, Nasir. 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren di engah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warson Munawwir, Ahmad, 1984. al-Munawwir, Kamus Arab-Indonesia, (Yogyakarta: Unit Pengadaan buku-buku ilmiah Keagamaan pondok pesantren al-munawwir Krapyak).

Mastuhu, 1994.Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS

Nasir, Haedar. Pendidikan Karakter, Berbasis Agama dan Budâya, Yogyakarta: Multi Presindo, 2013.

https://www.kemdikbud.go.id, penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional, yang diunduh tanggal 15/05/2022

Pondok Pesantren Salaf, di http://www.alkhoirot.net/2011/07/3-tipe-pondok-pesantren, diunduh tanggal 17/05/2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.