Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Pembentukan Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Ath-Thohariyah Desa Sindanghayu Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang

Iwan Ridwan, Abdurohim Abdurohim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaallim terhadap pembentukan etika belajar santri. Lokasi penelitian ini adalah di pondok pesantren Ath-Thohariyyah, kampung pasar sodong, desa sindanghayu, kecamatan saketi, kabupaten pandeglang. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat membantu para pendidik agar dapat lebih mendalami makna dan fungsi seorang guru bahwa sikap guru tidak hanya melakukan transformasi keilmuan saja namun setiap guru juga secara tidak langsung memberikan pendidikan karakter melalui tingkah laku dan kebiasaan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif. Yaitu penelitian yang menggunakan data yang dinyatakan dengan skor angka. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran taklim al-Muta’allim di pondok pesantren at-thahariyah bertujuan untuk mendasari jiwa para santri dalam menuntut ilmu pengetahuan serta mampu mengajarkan dan mengamalkannya. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode bandongan, wetonan dan ceramah serta Tanya jawab dan bermain peran. Pembelajaran taklim al-muta’allim berpengaruh positif terhadap pembentukan etika santri dalam kategori baik. Adapun nilai-nilai etika yang terdapat dalam kitab taklim al-muta’allim adalah kerja keras, kesungguhan, komunikatif, syukur, tawakal, istiqomah dan sabar

Full Text:

PDF

References


Abdullah Majid, Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam, cet. II, Bandung: PT. Rosda Karya.

Aly As’ad, Terjemah Ta’limu al-Muta’allim, Kudus: Menara Kudus, 2007.

Ahmad Tafsir, Ilmu PendidikanDalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004

Ahmad Muthohar, Idiologi pendidikan pesantren, Pustaka Riqi Putra, Semarang: 2007.

Ahmad Sholeh, Pembelajaran Kitab Ta‟lim Al-Muta‟allim Implikasinya dalam Pembentukan Akhlaq Santri di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin “Aspir” Pesantren Kaliwungu Kendal, Skripsi Semarang : IAIN Walisongo, 2006.

Abdul Mukti Ali, Beberapa Masalah Pendidikan di Indonesia, Yogyakarta yayasan Nida, 2002.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Prakrek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Bungin, Penelitian kualitatif, Jakarta: Prenada Media Group, 2005

Djatmika, Rachmat, Sistem Etika Islam, Jakarta : Panjimas, 1992.

Imam Al Ghazali, Ihya’ Ulumudin, Terj. Moh. Zuhri, Cet. 30, Semarang: CV. Asy- Syifa, 2009

Ipel gunadi, Konsep etika menurut faranz magnis susino, Skripsi, (UIN Ar-raniry darusalam banda aceh,:2017

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta : INIS, 1994.

Muh. Sain hanafy, Konsep belajar dan pembelajaran, UIN Alaudin Makasar: 2014.

Muhamad Tholchah Hasan, Santri perlu Wawasan Baru, Yogyakarta: LPPI 1997

Mohamad Surya, Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru, Bandung: Alfabeta, 2013.

Mujamil Qomar, Pesantren Dari Trasional Metodologi menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta, 2002

Maidiantius Tanyid, Etika Dalam Pendidikan, Jurnal, STAKN Toraja: 2014

Nurul Huda, Konsep Belajar Dalam Kitab ta’lim Al-muta’alim, (Semarang: Pusat Penelitian IAIN Walisong, 2000.

Rahmat Darmawan, Analisis Diksi Dan Konstruksi Kalimat Dalam Terjemahan Sya‟ir Ta‟lim Al Muta‟allim, skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2011

Syekh Ibrahim bin Ismail, al-Syarh Ta’lim al-Muta’llim, (Indonesia: Maktabah Daar Ihya’ al-Kutub al-‘Arabiyah.

Sukmadianta, Metode Penelitian pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Syaiful Sagala, Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Singgih Santoso, Buku Latihan SPSS Stat istik Prametrik, Jakarta: Elex Media Kompontindo, 2000

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.