Urgensi Kearifan Lokal Dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Ima Maisaroh, Ma'zumi Ma'zumi, Ratu Amalia Hayani

Abstract


Indonesia adalah Negara Kepulauan, meliputi sekitar 13.667 pulau. Penduduk Indonesia pada tahun 2020 berkisar 270,20 juta jiwa dan meliputi sekitar 1.340 kearifan lokal suku bangsa. Sungguh kekayaan dan modal sosial budaya yang potensial untuk membangun manusia Indonesia berkarakter unggul. Kearifan lokal adalah kebiasaan, adat istiadat, sistem nilai, sekaligus identitas karakter yang merupakan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang masih kuat dianut masyarakat adat. Namun sayangnya kearifan lokal masih belum didayagunakan dengan optimal. Padahal dengan nilai-nilai luhur tersebut dapat “dibentuk” manusia Indonesia berkarakter unggul. Sektor pendidikan saat ini masih belum sesuai harapan karena masih belum mampu membentuk lulusan yang mencerminkan karakter dan budaya bangsa. Capaian proses pendidikan masih lebih terfokus pada ranah kognitif, sementara ranah afektif belum optimal dikembangkan. Sekolah sebagai lembaga peningkatan mutu SDM perlu lebih serius mengupayakan penguatan pendidikan karakter unggul yang selaras dengan kearifan local. Melalui penguatan pendidikan karakter yang berbasis, mendayagunakan dan menginternalisasi nilai-nilai kearifan lokal akan terwujud manusia Indonesia berkarakter unggul yang mampu beradaptasi dan bersaing dengan bangsa lain, serta kompatibel terhadap nilai-nilai universal dan perubahan jaman.

Full Text:

PDF

References


Aiman Faiz, Bukhori S, (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Cirebon : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop

Ary, Donald, et al. (2004), Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, terjemahan Arief Furchan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Biro Pusat Statistik, 2021. Hasil Sensus Penduduk 2020

Dian Eka Wahyuni, Sitti A.H, 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pembentukan Karakter Bangsa. Jember.

Gary Anderson, Nancy Arsenault, 1998, Fundamentals of Educational Research, 2nd Edition, The Falmer Press, Philadelphia.

Ghufronudin, Ahmad Z, Argyo D, 2018. Representasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Membatik. Semarang.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Minoritas. Bandung.

Republik Indonesia:

Undang-Undang No. 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN)

Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan

Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.