Pembentukan Karakter Santri Pondok Pesantren Modern; Studi Empiris Pada Santri Pondok Pesantren Modern Assa’adah.

Najmudin Najmudin, Syihabudin Syihabudin, Jakaria Jakaria, Nanah Sujanah, Hasuri Hasuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan pondok pesantren modern terhadap penguatan karakter santri. Populasi dalam penelitian ini adalah santri pondok pesantren modern Assa’adah Cikeusal Serang Banten yang berjumlah 990 santri. Responden penelitian ini berjumlah 91 siswa, yang dihitung berdasarkan rumus Slovin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif-deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji instrument berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji heterokedastisitas, serta uji hipotesis berupa uji regresi linear sederhana dan uji koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan pondok pesantren modern berpengaruh positif signifikan terhadap pembentukan karakter santri, ditunjukan dengan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (10.993>1.666) dan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha (0.000<0.05). pengaruh variabel lingkungan pondok pesantren modern terhadap pembentukan karakter santri sebesar 56.8 % sedangkan 43.2 % sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Ananta, C. (2019). Dampak penyimpangan karakter pada remaja. https://doi.org/10.31227/osf.io/jhsb7

Fadil, M. (2019). Problem dalam Pendidikan Karakter Bangsa. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/muhammadfadli4454/5ce390576b07c54bca3d2015/problem-dalam-pendidikan-karakter-bangsa

Fatimah, S. (2022). Aksi Geng Motor Bacok Dua Warga di Sukabumi Saat Polisi Berpatroli. 20.Detik.Com. https://20.detik.com/detikflash/20221121-221121047/aksi-geng-motor-bacok-dua-warga-di-sukabumi-saat-polisi-berpatroli

Gampu, G., Pinontoan, M., & Sumilat, J. M. (2022). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5124–5130. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3090

Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 240–246. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3365/2189

Harahap, A. J. (2021). PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMPN 20 DUMAI. Jurnal Wibawa, 1(1), 51–61.

Junik, A. F., & Rahmawat, S. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas V di Gugus II Kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal PGSD Indonesia, 4(1).

Mustofa, Z., & Setiyowati, R. (2021). Pembentukan Karakter Pada Siswa Di Sekolah Berasrama Dalam Menghadapi Masalah Sosial. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.12479

Nasution, Y. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Karakter Siswa SMA Negeri 3 Rantau Utara. Kontras: Jurnal Ilmiah Pendidikan …. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/kontras/article/view/253

Nurlina, N., Faridah, F., & Dewanti, Y. R. (2020). Analisis Kegiatan Pembelajaran, Fasilitas, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Smp Master Depok. Jurnal Lentera Bisnis, 9(1), 60. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i1.353

Sofhian, & Suleman, S. N. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Asuransi Syariah di PT. Prudential Life Anssurance Cabang Kota Gorontalo. Li Falah Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 155–182.

Supeni, S. R. N. dan S. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMK Tunas Nusantara Jaten Karanganyar Tahun 2015/2016. Jurnal Global Citizen, 1(1).

Turnip, E. P. S., Lumbantobing, M., & Sirait, E. M. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar Endang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 3555–3562.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.