Suasana Bahagia Dalam Rumah Tangga Sebagai Faktor Terbentuknya Karakter Relegius Bagi Anak

Suaidi Suaidi, Sujai Saleh

Abstract


Kebahagiaan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Kebahagiaan sebagai indikator tercapainya segala cita-cita dan  tujuan akhir dalam kehidupan rumah tangga. Kebahagiaan sebagai pintu masuk untuk meraih berbagai kesuksesan, baik  memperoleh kesejahteraan maupun kesuksesan yang diraih oleh anak. Begitu urgennya kebahagiaan, kalau dihadapkan pada dua pertanyaan  apakah memilih bahagia atau bersedih, dapat dipastikan jawabannya adalah memilih bahagia.

            Legalisasi  kebahagiaan termaktub dalam  pasal 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, bahwa   Perkawinan ialah ikatan lahir bathin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Kebahagiaan yang dirasakan oleh pasangan suami isteri tidak akan terlepas dari anugerah Allah, SWT yang patut disyukuri. Suasana bathin yang tenteram  sebagai prasyarat  meraih kesuksesan  hal lainnya sebagai pelengkap kebahagiaan.

            Anak bagi pasangan suami isteri sesuatu  yang didambakan kehadirannya, statusnya sebagai bagian dari  kebahgiaan. Kebahagiaan yang hakiki adalah tenteramnya suasana bathin dalam kondisi apapun, dan suasana itu tidak bisa diraih tanpa mengisi rohani dengan ajaran agama secara maksimal. Maka, internalisasi ajaran agama dan pola hidup yang relegius merupakan bagian tepenting dalam meraih kebahagian. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran terhadap korelasi antara suasana bahagia dengan terwujudnya karakter relegius bagi anak.

            Pola hidup religius dalam keluarga diperlukan keteladanan orang tua dan harus dilakukan secara bersamaan sehingga akan menjadi pembiasaan dan pada gilirannya menjadi karakter.


Full Text:

PDF

References


Adib, Machrus. (2017). Pondasi Keluarga Sakinah, Titikoma, Jakarta

Baihaqi AK. (1991). Sosialisasi Anak Dalam Rumah Tangga Menurut Ajarana Islam, Al-Qalam, Serang

Endang, Prastuti. (2018). Kunci Kebahagiaan Dalam Keluarga, Bulan Bintang, Jakarta

Gede, Bagas Barhma Putra. (2019), Faktor Penentu Kebahagiaan,

Jalaluddin Rakhmat, Tafsir Kebahagiaan. (2010). PT. Srambi Ilmu Semesta, Jakarta

Kang Uni. (2019). Tafsir Kebahagiaan, Gramedia, Jakarta

Nazarudin, Umar. (2000) Perkawinan dan Keluarga, BP.4 Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.