Persepsi dan Pengamalan Moderasi Beragamat dalam Mengembangkan Sikap Sosio-Religius dan Toleransi Beragama di Perguruan Tinggi Umum

Iwan Ridwan, Abdurrahim Abdurrahim

Abstract


Artikelnininbertujuannuntuk (1) Mengetahui persepsi dan pengamalan moderasi beragama di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, (2) mengetahui pemahamannmoderasi tberagamanyang diajarkanwtdin Universitasw Sultan Ageng Tirtayasa, (3) Mendeskrifsikan pengamalan moderasi beragama dalam mengembangkan sikap sosio-religiusndan toleransinberagama dinUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa, (4)nMengetahui dampaknpengamalan moderasinberagamandalam mengembangkan sikapnsosio-religiusndan toleransinberagama di UniversitastSultan AgengnTirtayasa. Metodenpenelitian yangndigunakan dalam artikel ini yaitunmetode kualitatifndengan jenisnpenelitian studinkasus. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam. Adapun Teknik analisis data meliputi penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Pengamalan moderasi beragama di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa diharapkan terciptanya situasi, kondisi dan suasana kampus yang damai dan harmonis, mempersedikit gesekan dan konflik antar mahasiswa yang berlatar belakang agama, suku, ras yang beragam, (b) Memberikan penguatan kepada mahasiswa tentang moderasi beragama dengan wawasan kemoderatan untuk mengembangkan sikap sosio-religius dan toleransi, (c) Dampak dari pengamalan moderasi beragama di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa secara umum membentuk pemahaman mahasiswa agar bersikap toleran dan moderat.

Full Text:

PDF

References


Abd. Al-Mu’tal As-Saidi, Kebebasan Berfikir dalam Islam, Yogyakarta: PT. Adi Wacana, 1999, hal. 4.

Aceng Abdul Aziz, dkk, Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, PT. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2019.

Ahmad Iffan dan M. Ridho Nur, Konseptualisasi Moderasi Beragama sebagai Langkah Preventif Terhadap Penanganan Radikalisme di Indonesia, Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, PERADA, Vol. 3, No, 2, 2020.

Ahmad Sodikin, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderat di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 6, No. 2, 2019.

Alip Rahman, Nilai Pancasila Kondisi dan Implementasinya dalam Masyarakat Global, Jurnal Ilmiah Indonesia, No 1, Vol 3, 2018. Hal. 34-48.

Azyumardi Azra, Toleransi Agama dan Masyarakat Majmuk: Perspektif Muslim Indonesia, Jakarta: PT. Kompas, 2009, hal. 12.

Bustanuddin Agus, Agama dalam Kehidupan Manusia; Pengantar Antropologi Agama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006, hal. 33.

Casram, Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural, Jurnal Ilmiah dan Sosial Budaya, Wawasan, 2016, hal. 188.

Dadang Kahmad, Hukum Islam dalam Perubahan Sosial Fatwa Ulama tentang Masalah-masalah Sosial Keagamaan budaya, politik, ekonomi, kedokteran dan HAM, Bandung: PT. CV. Pustaka Setia, 2010, hal. 380.

Daryanto dan Darmiatun Suryatri, Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: PT. Gava Media, 2013, hal. 145.

Desak Putu Eka Nilakusmawati dan Ni Made Asih, Kajian Teoritis Beberapa Model Pembelajaran, Modul, Universitas Udayana, 2012.

Hanafiah dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Refik Aditama, 2009.

Howard M Federspiel, Labirin Ideologi Muslim; Pencarian dan Pergulatan Persis Di Era Kemunculan Negara Indonesia. 2004.

Imam Mustafa, dkk, Gerak Langkah Pendidikan Islam untuk Moderasi Beragama, Tangerang: PT. IMCC, 2019, hal. 10-11.

Ishomuddin, Pengantar Sosiologi Agama, Jakarta: PT. Ghalia Indonesia, 2002, hal. 29.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Lembaga Daulat Bangsa, 2019, hal. 1-2.

Luthfi Assyaukanie, Ideologi Islam dan Utopia; Tiga Model Negara Demokrasi di Indonesia, Jakarta: PT. Freedom Institut, 2011, hal. 127.

M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qurán, Bandung, PT. Mizan Media Utama, 2002, hal. 210.

Mardan Umar, dkk, Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Edukasi, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Vol, 19, No. 1, 2021.

Muhammad Rifaí, Pengantar Sosiologi Agama, 2021.

Muhammad Turhan Setyorini Wahyu, Interaksi Sosial Masyarakat dalam Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama, Karanganyar, Kajian Moral Kewarganegaraan, Vol, 8, No, 3, 2020.

Nabila Yuli Ana, Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar, Pedagogi. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 18, No, 2, 2019.

Novia Elok Rahma Hayati, Konsep dan Implementasi Moderasi Beragama dalam Meningkatkan Sikap Sosio-Religius dan Toleransi Beragama di Universitas Merdeka Malang, 2022.

Nur Iza Dora, Sistem Sosial Indonesia, UIN Sumatera Utara Medan, 2019. Hal. 8.

Rofiún, Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Religius dan Sikap Sosial Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek, Yogyakarta: PGRI Yogyakarta, 2015, hal. 74.

Ruslani, Masyarakat Dialog antar Agama, Studi atas Pemikiran Muhammad Arkoun, Yogyakarta: PT. Yayasan Bintang Budaya, 2000, hal. 169.

Sahal Mahfudz, Nuansa Fikih Sosial, Yogyararta: PT. LKis dan Pustaka Pelajar, 2000, hal. 257.

Said Agil Al-Munawar, Fikih Hubungan Antar Agama, Jakarta: PT. Ciputat Press, 2003, Hal. 49-51.

Saiful Mujani, Muslim Demokrat: Islam, Budaya Demokrasi, dan Partisipasi Politik di Indonesia Pasca-Orde Baru, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2007, hal. 162.

Samsul AR, Peran Guru Agama dalam Menanamkan Moderasi Beragama, Al-Irfan; Juornal of Arabic Literature and Islamic Studies, Vol, 3, No. 1, 2020.

Serafica Gischa, Prinsip, fungsi, dan indikator toleransi, Kompas com, Februari, 2021.

Siti Khasinah, Discovery Learning; Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan, Jurnal Mudarrisuna; Media Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol. 11, No. 3, 2021.

Solla Taufiq, Kemenag Bentuk Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara, https://kemenag.go.id/read/kemenag-bentuk-griya-moderasi-beragama-dan-bela-negara, diakses tanggal 10 Februari 2023.

Syamsidah dan Hamidah Suryani, Model Problem Based Learning (PBL); Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan, Sleman: PT. CV Budi Utama, 2018.

Umar Hasyim, Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam sebagai Dasar Menuju Kerukunan antar Umat Beragama, Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1979, hal. 22.

Wilis Werdiningsih dan Restu Yulia Hidayatul Umah, Internalisasi Nilai Moderasi Beragama di Sekolah Melalui Ekskul Rohis; Proceedings Of Annual Conference For Muslim Scholars, Vol, 6, No, 1, 2022.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group, 2007, hal. 201.

Yuliana, Penguatan Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Obsesi, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol, 6, No. 4, 2022.

Yusuf Hanafi, dkk, Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama; dalam perkuliahan Pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum, Sidoarjo: PT. Delta Pijar Khatulistiwa, 2022, hal. 56.

Zakiyuddin Baidhawy, Ambivalensi Agama; Konflik dan Nir Kekerasan, Yogyakarta: PT. LESFI, 2022, hal. 17.

Zuhairi Misrawi, Al-Qurán Kitab Toleransi, Jakarta: PT. Pustaka Oasis, 2007, hal. 161.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.