Praktik Pengajaran dan Pemertahanan Bahasa Jaseng di SDN 13 Kota Serang Banten

Ida Mursidah, Humaeroh Humaeroh

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Praktik Pengajaran Bahasa Jaseng di SDN 13 Kota Serang dan untuk mengetahui peran pemerintah, dan masyarakat dalam melestarikan bahasa daerah yaitu bahasa Jawa Serang Banten. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menjawab masalah bagaimana praktik pengajaran bahasa Jaseng di SDN 13 Kota Serang.dan bagaimana peran serta pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan Bahasa Jaseng Jawa Serang Banten. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket bagi peserta didik. Penelitian ini menemukan bahwa Praktik pengajaran bahasa Jaseng di SDN 13 Kota Serang masih sangat minim karena hanya dipelajari selama dua jam pelajaran saja selama satu minggu dan belum didukung dengan jumlah SDM yang professional. Peserta didik belum menggunakan Bahasa Jaseng Banten dalam percakapan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan rumah. Bahasa Jaseng Banten susah dipelajari, karena tidak adanya pembiasaan berbahasa Jaseng di rumah,. Hal ini semestinya dapat dipadukan dengan adanya kerjasama pemerintah daerah, orang tua peserta didik atau masyarakat umumnya melalui pembiasaan penggunaan Bahasa Jaseng Banten. Karena kurikulum dan buku ajar yang digulirkan berdasarkan Peraturan Walikota tentang muatan lokal pembelajaran bahasa Jaseng bila tidak ada ruang dan waktu untuk mempraktekkan penggunaan Bahasa Jaseng Banten bagi peserta didik di lingkungan keluarga, maka akan memberikan hasil kurang sempurna dalam pelestarian bahasa Jaseng (Jawa Serang) Banten.

Full Text:

PDF

References


Agus Zatnika. (2019, Agustus). Kepala Sekolah SDN 13 Kota Serang, Wawancara Peneliti di Sekolah.

Arikunto, S. (1992). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Bahasa Jawa Serang Masuk Kurikulum Muatan Lokal | Republika Online. (n.d.). Retrieved December 17, 2019, from https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/15/11/14/nxsyvx284-bahasa-jawa-serang-masuk-kurikulum-muatan-lokal

Bailey, K. D. (1994). Methods of Social Research. Simon and Schuster.

Claude Gulliot, L. K. (2008). 74. INKRIPSI ISLAM TERTUA DI INDONESIA. Retrieved from //perpustakaanbpcbbanten.kemdikbud.go.id/index.php?p=show_detail&id=210&keywords=

Istimurti, M. (2013). Pemertahanan dan Revitalisasi Bahasa Jawa Dialek Banten. International Seminar Language Maintenance and Shift III. http://eprints.undip.ac.id/54451/

Ibrahim, G. . (2011). Bahasa Terancam Punah: Fakta, Sebab-musabab, Gejala, dan Strategi Perawatannya. Linguistik Indonesia

Jones, F. M. (1980). Language disability in children: Assessment and remediation. University Park Press.

Juniardi, Y., Irmawanty, I., & Zukhruf, A. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Serang Sebagai Muatan Lokal di SD Islam Tirtayasa. Kolita 16 Atmajaya 2018, 519–522.

Linda Sari Wulandari, Erlyn Rosalina, Penerapan Teknologi Tepat Guna sebagai Strategi Pemertahanan Bahasa Jawa Serang dan Bebasan di Serang, Banten Sutasoma:Jurnal Sastra Jawahttp://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sutasoma 2021 Universitas Negeri Semarangp-ISSN 2252-6307e-ISSN 2686-5408

Malihah. (2019, Agustus). Wawancara Peneliti dengan Wali Kelas di Sekolah.

Mulyana, D. (2006). Metodologi penelitian kualitatif: Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. PT Remaja Rosdakarya.

Mulatsih, D. (2016). Inovasi Bentuk dalam Bahasa Sunda di Kampung Puyuh Koneng, Desa Kencana Harapan, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Jurnal Logika, 17(2)

Semiawan, C. R. (2008). Belajar dan pembelajaran prasekolah dan sekolah dasar. Jakarta : Indeks.

Suherman, E. (2015). Variasi Penggunaan Bahasa dan Pemertahanan Bahasa Jawa Serang di Cilegong Provinsi Banten. Edusentris, 2(3)

Supriyadi Sufda, E. (2014). Bubur Cilegon. Wonkkite @j@h Foundation Kerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cilegon.

Suryani, A. J. (2014). Bahasa Sunda dan Jawa Banten, Imposisi Peta dan Jati Diri. FTK Banten Press.

Syahriyani, A. (2017). Pemertahanan Bahasa Jawa Dialek Banten pada Guyub Tutur di Kelurahan Sumur Pecung Serang. Buletin Al-Turas, 23(2)

Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol .3, No. 2, September 2015

Peran Neurolinguistik dalam Pengajaran Bahasa Tri Budianingsih

Kadarisman, Effendi (2010) Mengurai bahasa, menyibak budaya: Bunga rampai linguistik, puitika, dan pengajaran bahasa. UIN-Maliki Press, Malang. ISBN 978-602-958-314-4 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.