Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Siti Muhibah, Iwan Ridwan, Suaidi Suaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumen. Wawancara dilakukan kepada pimpinan perguruan tinggi staf administrasi kampus, dosen pendidikan agama, dan mahasiswa. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan  pendidikan karakter diimplementasikan melalui pembelajaran di kelas dan  melalui kegiatan lingkar studi pekanan, dengan menggunakan metode diskusi interaktif, pembiasaan baca qur’an, keteladanan dan kedisiplinan. Ketersediaan dosen PAI dan fasilitas kampus yang memadai merupakan faktor pendukung dari implementasi pendidikan karakter. Sementara faktor penghambat meliputi sikap dan perilaku mahasiswa yang terkadang kurang serius mengikuti kegiatan lingkar studi pekanan karena ada jadwal perkuliahan yang lainnya dan mahasiswa cenderung lebih fokus kepada kegiatan pengembangan sains.

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. and Dian, A. (2011) Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dadang, K. (2000) Metode Penelitian Agama (Perspektif Ilmu Perbandingan Agama). Bandung: Pustaka Setia

Dharma, K. (2011) Pendidikan Karakter: Kajian, Teori Dan Praktek Di Sekolah. Bandung: Ramaja Rosdakarya

Furqon, H. (2010) Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surabaya: Yuma Pustaka

Hayati, F. (2018) ‘Pendidikan Karakter Berbasis Islam’, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), p. 425

Hayati, F. (2018) ‘Pendidikan Karakter Berbasis Islam’, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), p. 425

Hendro, D. (2010) Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Bintang Cemerlang

Hermawan (2017) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Kegiatan Student Exchange SD Muhammadiyah Paesan Pekalongan’, (Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 15(2), p. 91

Kemendikbud, R. (2011) Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. 1st edn. Edited by P. Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud

Marimba, A. D. (1962) Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. 1st edn. Bandung: Alma’arif

Mohammad, A. (1982) Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa

Muchlas, S. H. (2012) Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhsinin (2013) ‘Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran’, Jurnal Edukasia, 8(2)

Muin, A. (2013) ‘Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Islam Di TK Mawaddah Kota Banjarmasin’, Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 11(2)

Mukhlisin, N. (2015) ‘Pengembangan Pai Berbasis Pendidikan Karakter’, Inovatif, 1(2), p. 44

Muzayanah, U. (2014) ‘Strategi Pendidikan Karakter Pada Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Purbalingga, Jawa Tengah’, Edukasi; Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 12(3), p. 399

Nur, A. (2009) Orientasi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Pergu Ruan Tinggi. Malang: UIN Maliki

Nur, U. (1998) Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia

Perbukuan, P. K. dan (2011) Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta

Purwaningsih, Rianawati and Kartini (2018) ‘Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 4 Sungai Raya’, JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), p. 122

Ratna, M. (2004) Pendidikan Karakter: Solusi Tepat Untuk Membangun Bangsa. Bogor: Heritage Foundation

Saliman, Widiastuti, A. and Wulandari, T. (2013) ‘Persepsi Dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pendidikan Karakter Di Prodi Pendidikan IPS UNY’, Social: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1)

Siswanto (2018) ‘Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius’, Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), p. 91

Syam, S. D. (2019) ‘Pendidikan Karakter Di UNSERA’

Thomas, L. (1991) Educating For Character, How Our Schools Can Teach Respect And Responsibility. Newyork: Bantam Books

Wiyani (2012) Manajemen Pendidikan Karakter, Konsep Dan Implementasinya Di Sekolah. Yogyakarta: Pegagja

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.