Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Melalui Sikap Nasionalisme Dan Patriotisme

Taswiyah - Taswiyah

Abstract


Edukasi nasionalisme dan patriotisme yang kurang mendalam tentang sejarah dapat menyebabkan hilangnya akar budaya dan akhirnya hilang semangat juang yang akan mengakibatkan muncul tren individualisme dan konsumerisme. Keinginan untuk mengejar kepuasan pribadi dan gaya hidup konsumtif fokus pada hiburan instan tanpa mempertimbangkan dampak jangka panjang. metode dalam kajian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, berdasarkan sampel jenuh mahasiswa FEB Tahun Akademik 2021-2022 semester Genap mata kuliah Seminar Pendidikan Agama Prodi Ekbang 3 kelas, Manajemen 3 kelas sejumlah 120 mahasiswa yang memiliki semangat yang tinggi dengan basis agama yang kuat cenderung lebih gigih dalam menghadapi tantangan dan mengatasi hambatan. Kemandirian dan kreativitas adalah aspek penting yang dapat membantu mereka untuk mengembangkan potensi unik mereka dan menciptakan solusi inovatif dalam berbagai bidang. Simpulan sikap Nasionalisme dan patriotisme seseorang hendaknya di motori oleh: 1) Belajar, dengan thalab al-ilmi maka setiap potensi yang ada dalam diri mahasiswa akan tercerahkan.  2). Agama yang penting bagi semua manusia 3). Sikap yang baik, sikap merupakan cerminan dari Akhlak seseorang, sikap nasionalisme dan patriotisme.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Mansur Suryanegara. (2020). Api Sejarah 2, Mahakarya perjuangan ulama dan santridalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Al-Farisi, L. S. (2022). SOSIALISME ISLAM DI INDONESIA: Melacak Akar Pemikiran dan Aktualisasi Gerakan Politik Islam Hadji Oemar Said Tjokroaminoto. ASPIRASI, 12(1), 39-62.

Alfandi, M. (2013). Prasangka: potensi pemicu konflik internal umat Islam. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 21(1), 113–140.

Alvira, S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Muda sebagai Agent of Change. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9201-9207.

Anggoro, T. (2019). Konsep Kesetaraan Gender Dalam Islam. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 15(1), 129-134.

Ar-rasyid, A. H. (2022). Tinjauan hukum Islam terhadap diskriminasi Rasial Minoritas muslim Uighur di China. TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DISKRIMINASI RASIAL MINORITAS MUSLIM UIGHUR DI CHINA,.

Arabi, A., Harahap, I., & Ekowati, E. (2023). Konsep Persaudaraan dalam Pandangan Islam dan Budha. ANWARUL, 3(6), 1142-1154.

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30-41.

Farih, A. (2016). Nahdlatul Ulama (NU) dan Kontribusinya dalam Memperjuangkan Kemerdekaan dan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24(2), 251-284.

Ferry, D., Santosa, T., & Kamil, D. (2020). Pengetahuan mahasiswa institut agama Islam negeri Kerinci tentang teori asal usul manusia. Education,. BIOEDUCA: Journal of Biology, 1(1), 12-17.

Imron, A. (2021). SOSIALISASI GNNT MELALUI INSTRUMENT PEMBAYARAN BERBASIS QRIS PADA UMKM DIKOTA SERANG. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1-9.

Iskandar, I., & Firdaus, D. W. (2020). Pemikiran Deliar Noer Mengenai Gerakan Islam Modern Indonesia 1900-1942. Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan, 1(1), 16-38.

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif mahasiswa sebagai agen of change melalui pendidikan kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 2(2), 181-193.

Juwita, R., Roza, N., & Mulkhairi, I. (2019). Artikel Konsep dan Peranan Agen Perubahan. Makalah Ilmiah - Universitas Negeri Padang, 1(1), 1–3.

Leonard, L. (2016). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Makrum, M. (2009). Teologi Rasional: Telaah atas Pemikiran Kalam Muhammad Abduh. Ulumuna, 13(2), 277–304.

Mazjah, R. M. I. (2021). PERLINDUNGAN TERHADAP PELAKSANAAN PRINSIP AQIDAH ISLAMIYAH DALAM KONTEKS KEBEBASAN BERKEYAKINAN DI ERA DIGITALISASI. Majalah Hukum Nasional, 5(2), 179–200.

Nofita, P. A. (2022). KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAISIRUL KHOLAQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH. (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Nugraha, R. (2023). Pendidikan Budi Pekerti K.H.E. ABDURRAHMAN.

Nugroho, A. (2013). Wacana Islam dan Negara Era Pra-Kemerdekaan: Pergulatan Ideologis Kelompok Islam dan Nasionalis Sekuler. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 9(2), 129-147.

Rokhima, R. Z. H., & Rosandy, G. (2023). Makhluk Penghuni Bumi Sebelum Nabi Adam As. Islamic Education. Islamic Education, 1(4), 589-602.

Rusli, W. (2013). Sistem Pendidikan Islam Menurut Hos Cokroaminoto (Konsep Muslim Nasional Onderwijs, Historis Dan Globalisasi). Jurnal Kependidikan, 1(1), 45-63.

Sanusi, A. (2018). SIKAP DAN KEBIJAKSANAAN SOEKARNO TERHADAP ISLAM PASCA KEMERDEKAAN. Jurnal Tamaddun, 6(2).

Suhra, S. (2013). Kesetaraan Gender dalam Perspektif Al-Qurâ€TM an dan Implikasinya terhadap Hukum Islam. AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 13(2), 3(13(2), 373-394.), 13(2), 373-394.

Suwarjono, H., Rustaman, N. Y., Sudargo, F., & Hidayat, T. (2019). (2019). Perspektif ilmiah dan keyakinan terhadap evolusi mahasiswa biologi di universitas berbasis agama. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 83-92.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).

Syahrizal, A. (2018). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(2), 101-116.

Syukur, A., Putra, R. A., Saifullah, S., & Rolando, D. M. (2020). Haji Oemar Said Tjokroaminoto: Biografi, Dakwah dan Kesejahteraan Sosial. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(2), 177-190.

Taswiyah, A. I., & Imron, A. (2021). Persepsi dan Preferensi Ibu Rumah Tangga Terhadap Sistem Berbelanja Secara Online/online shop. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 128-137.

Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi: Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14–32.

Wahyudi, E., & Wibawani, S. (2021). Pembentukan Sikap Rela Berkorban Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Patriotisme. Jurnal Pertahanan Dan Bela Negara, 11(1), 15-30.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1).

Zuhdi, A., Firman, F., & Ahmad, R. (n.d.). The importance of education for humans. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(1), 22–34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.