Karakter Ulul Albab Perspektif Syekh Nawawi Al-Bantany dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Karakter Dalam Kurikulum Merdeka

Ma'zumi Ma'zumi, Suja'i Suja'i, Najmudin Najmudin

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakter ulul albab yang terkandung dalam beberapa ayat Al-Qur’an, yaitu QS. Al-Baqarah (2): 179, 197 dan 269; Ali- Imran (3):  190 - 191; Al-Maidah (5): 100; Yusuf (12): 111; dan Al-Ra’d (13): 19, Ibrahim (14): 52; Shad (38): 29 dan 43; Al-Zumar (39): 9 dan 18; Ghafir (40): 54; dan Al-Thalaq (65): 10, dalam perspektif Syekh Nawawi Al-Bantani, kemudian menemukan relevansinya dengann nilai-nilai karakter dalam kurikulum merdeka. Analisis dan identifikasi nilai-nilai karakter ini dalam dua klasifikasi, yaitu karakter ulul albab dalam perspektif Syekh Nawawi Al-Bantany terhadap ayat-ayat ulul albab, dan nilai-nilai karakter kurikulum merdeka. Metode penelitian ini kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif konseptual dimulai dengan membaca, mencatat (mengumpulkan data), menidentifikasi, menyusunnya dalam satuan-satuan sesuai urutan pola berpikir, kemudian menganalisis hingga pada kesimpulan. Masalah pada penelitian ini, adalah apa karakter ulul albab perspektif Syekh Nawawi Al-Bantany?; dan apa relavansinya dengan nilai-nilai karakter kurikulum merdeka?. Hasil penelitian, bahwa karakter ulul albab adalah akidah yang kokoh dan kedalaman spiritual, keluasan wawasan keilmuan, kematangan professional, berakhlak mulia, dan menggunakan Al-Qur'an dan Al-Sunnah sebagai sumber rujukan untuk belajar. Karakter yang digali dari pemikiran Syeik Nawawi Al-Bantany tersebut relevan dengan nilai-nilai karakter kurikulum Merdeka, yaitu religius, moderat, toleran, demokratis, cinta tanah air, gotong royong, terampil, berwawasan luas, berdaya saing, pekerja keras, kritis, kreatif, inofatif, solutif, mandiri, , bertanggung jawab, dan peduli lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Al-Bantany, Syekh Nawawi. Marah Labid-Tafsir Al-Nawawi. Indonesia: Daar Ihya’ Al-Kutub Al-Arabiyah.

Ma’zumi. 2020. “‘Nilai-Nilai Karakter Dalam Al-Qur’an Surah Al-Fatihah Sebagai Core Value Berperilaku’.” Pendidikan Karakter JAWARA 6(2): 139–63.

Ma’zumi, Syihabudin, and Najmudin. 2023. “The Effect of Islamic Character Education Factors on Green Entrepreneurial Behavior ; A Case of State University Students in Banten Province.” (November): 2949–62.

Marbawi, Muhammad Idris Abdul Rauf al. 1937. Qamus Idris Marbawi. Mesir: Musṭafā al-Bāb al-Ḥalabī.

Novitasari, Dini, Iskandar Ladamay, and Ludovikus Bomans Wadu. 2019. “Upaya Pembentukan Karakter Religius Islam Pada Siswa Melalui Keteladanan Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen 3: 174–81.

Rahardjo, M. Dawam. 1996. Ensiklopedi Al-Qur’ān: Tafsīr Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. (Jakarta: Paramadina.

Shihab, M. Quraish. 2004. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Sultan, Habibi, Yunike Sulistyosari, and Muhammad Faisal Lutfi Amri. 2023. “Analisis Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Kurikulum Merdeka Belajar.” Journal on Education 6(1): 580–90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.