Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Dengan Membangun Kesadaran Pluralisme Sejak Dini

EVI NURLAILA NURLAILA, Wijayanti Wijayanti, Alifah Fauziah Alfadila, Nurlaylla Afdar Agustin

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar dengan membangun kesadaran pluralisme di kalangan siswa sejak dini. Guru memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar inklusif di mana siswa dari beragam latar belakang merasa dihormati dan dihargai. Keunikan pada kajian ini terletak pada literature yang digunakan sehingga pendidikan multicultural dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar dengan membangun kesadaran pluralisme sejak dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur atau studi pustaka, dengan menjelaskan realita yang terjadi berdasarkan berbagai kajian ilmiah yang sudah dilakukan sebelumnya. Penting sekali menggabungkan materi pengajaran yang relevan secara budaya dan kegiatan untuk mempromosikan pemahaman dan penghargaan terhadap budaya, agama, dan identitas yang berbeda. Pendidikan multikultural dalam pembelajaran PKn di SD membantu mempersiapkan generasi mendatang untuk hidup dalam masyarakat yang semakin global dan beragam. Dengan memperkenalkan konsep pluralisme sejak dini, anak-anak dilengkapi dengan keterampilan sosial dan kecerdasan emosional yang diperlukan untuk berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda dengan penghargaan dan rasa hormat.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amin, M. (2018). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 09(1).

Atmaja, I. M. D. (2020). MEMBANGUN TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha , 8(1), 113–121.

Burhan, W. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila Dan Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munadlir, A. (2016). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Nusantara, 6(2), 42-51.

Nanggala, A. (2020). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210.

Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 42–51.

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.

Rosida, K. R., Maulivina, R. M., & Mab’ruro, S. H. (2021). Interpretasi Konsep Pluralisme Pendidikan Islam Perspektif Nurcholish Madjid. JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 17(1), 87–98.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.

Syuitno, S. P. S., & Suryarini, D. Y. (2023). Pentingnya Pendidikan Multikultur Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 418–420.

Tinambunan, D. R., Saragih, J., Situmeang, T. A., Philia, I. T., & Sintania, L. S. (2024). Analisis Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Mulitikultural Dalam Membentuk Kesadaran Pluralisme Social. Jurnal Kajian Ilmu Hukum Dan Politik, 2(1), 163–167.

Ubaedillah, A., & Rozak, A. (2013). Pendidikan Kewarga(negara)an Civic Education Pancasila, Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wihardit, K. (2010). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: SUATU KONSEP, PENDEKATAN DAN SOLUSI. Jurnal Pendidikan, 11(2), 96-105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.