PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF KITAB Al-NASHAIHUDDINIYAH WA EL-WASHAYA EL-IMANIYAH KARYA SYAIKH IMAM ABDULLAH BA’LAWI AL-HADDAD

Abdul Aziz, Syihabudin Syihabudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merespon perkembangan dunia pendidikan, terutama di tanah air. Dimana Tantangan dan problematika selalu terbuka lebar untuk dicarikan solusi. Perkembangan zaman menuntut para pelaku pendidikan untuk sigap dalam mempersiapkan diri untuk terus menggali dan menelaah agar setiap materi yang diberikan relevan dengan setiap perubahan kondisi. literatur klasik bisa direview ulang untuk mencari titik terang agar problematika pendidikan teratasi. Terutama yang terkait dengan merosotnya moralitas di dunia pendidikan. Pergaulan bebas, narkoba, bullyng dan tawuran menjadi catatan tersendiri untuk dikaji solusi terbaiknya. Tidak keliru jika tawaran solusi yang diwariskan para pemerhati pendidikan di masa lampau dikaji ulang dengan harapan terdapat point relevansi untuk dipertimbangan dalam mengembangkan materi pendidikan sesuai dengan zamannya. Karena pada hakikatnya istilah pendidikan karakter yang dikenal di masa kini sudah beradab-abad menjadi concern  para penggerak pendidikan terutama di kalangan cendikiawan muslim.

Full Text:

PDF

References


Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Abdul Rahman Sholeh, Pendidikan Agama dan Pengembangn untuk Bangsa, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)

Ya’kub, Hamzah. 1983. Etika Islam.Bandung: CV. Diponogoro.

Sarjono. DD., Panduan Penulisan Skripsi, (Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2008)

J.S. Badudu dan Sutan Muhammad Zain.1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Zed Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta : Yayasan Bogor Indonesia, 2004)

Sarjono Soekanto dan Sri Mamudji, Penelitian Hukum Normatif (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006)

Asia, A. U. S. (2023). Memaknai Kata “Etika” - Universitas Siber Asia The 1st Cyber University in Indonesia. Retrieved from https://unsia.ac.id/memaknai-kata-etika

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Shariati, Ali. 1996. Tugas Cendekiawan Muslim. (Terjemahan M. Amien Rasi). Jakarta: Srigunting.

Rachmat Djatnika.1996. Sistem Etika Islami (Akhlak Mulia). Jakarta:Pustaka Panjimas

Abdullah bin Alawi bin Muhammad Al-Haddad al-Alawi al-Husaeni Al-Tarimi, al-Nashoihuddiniyah wa al-Washaya al-Imaniyah, Penerbit; al-Haramain.

Salmaa. (2022). Pengertian Rumusan Masalah Menurut Para Ahli dan Cara Membuatnya. Retrieved from https://penerbitdeepublish.com/pengertian-rumusan-masalah (diunduh, 30/05/2024).

Curren, Randall. “Why Character Education?” Impact 2017, no. 24 (2017): 1–44. https://doi.org/10.1111/2048-416x.2017.12004.x.

Muslim, Buhari. “Kode Etik Guru Dalam Kitab Nashaihuddiniyyah Wal Washaya Al-Imaniyah Karangan Syaikh Imam Abdullah Al-Haddad,” 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.