EVALUASI FORM PENILAIAN MENTORING PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA PADA LINGKAR STUDI PEKANAN UNTIRTA

Rt Bai Rohimah, Asep Saefullah Saefullah, Jakaria Jakaria Jakaria

Abstract


Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi pada form penilaian mentoring Al-Qur’an yang dilaksanakan di Untirta. rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana hasil evaluasi terhadap form penilaian mentoring pengembangan karakter pada materi Al-Qur’an berdasarkan analisis Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan yang terfokus pada keputusan (The Decision Focused Approach). Total keseluruhan dari 7 fakultas dengan mahasiswa berjumlah 4.163 yang mengikuti tes, yang mampu membaca Al-Qur’an dengan Lancar dan Indah sebanyak 823 orang (20%), Lancar Tidak Indah sebanyak 1.489 orang (36%), Lancar Tidak Sesuai Tajwid sebanyak 1.415 orang (34%) dan 436 orang (10%) yang membaca Al-Qur’an tidak lancar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adib, H. S. (2017). Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Sains Dan Teknoogi.

Aimang, H. A., Masaong, A. K., Made, A., Haris, I., Panai, A. H., Arwildayanto, A., & Djafri, N. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1). https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1584

Bai Rohimah, R., Hidayat, S., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2023). Performance Analysis Of Tilawati Banten Regional 2 : Efforts To Improve People’s Qur’an Literacy. Community Practitioner, 21, 2815. https://doi.org/10.5281/zenodo.11195169

Bariqi, M. D. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654

Fahmi, M., Prasetia, S. A., . S., & Nisa’, Z. (2021). Quo Vadis Pendidikan Karakter di Indonesia. TABYIN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01). https://doi.org/10.52166/tabyin.v3i01.123

Fauziatun, N., & Misbah, M. (2020). Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5260

Hidayat, D. (2020). Evaluasi Kinerja dan Pengembangan Model Kelembagaan Lembaga Pengawasan Daerah. … Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja ….

Hilmi Riza. (2024). Evaluasi Progam Tahfid Al Quran sebagai Unggulan Pondok Pesantren Nurul Hayah Ketanggungan, Journal of Education Research, 2024 5(3), 3055-3071

Iqbal, R. (2022). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 8(2).

Itang, W. W. (n.d.). Piengabdian Masyarakat : Melalui LPTQ Dalam Memberantas Buta Huruf al Qur ’ an di Kabupaten Lebak LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Kurnia, D., Misbahhudin, M., & Setiawati, S. (2023). Memahami Makna Pendidikan dalam Alquran. Al-Fiqh, 1(2). https://doi.org/10.59996/al-fiqh.v1i2.211

Nufus, R. H., Octoviani, R., Eliyana, S., & Sari, I. J. (2023). The Implementation of the Teaching Campus Program on Students’ 21st Century Skills: A Systematic Review. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(2), 278–294. https://doi.org/10.52889/jpig.v3i2.208

Purba, G. H., & Bety, C. F. (2022). Menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045 Melalui Pendidikan Karakter Berbasis ISEQ. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Rahmita, N., Karim Parapat, I., Nurmawati, N., & Sukri Sitorus, A. (2023). Evaluasi Pembelajaran Tahsin Tilawah Al-Qur’an dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520–530. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.244

Rohimah, R. B., Hidayat, S., & Suherman, S. (2024). Educational Supervision: Analysis of Learning the Qur’an Tilawati Method at User Institutions in Surabaya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 956–962. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1011

Roni, R. P., Nurdin, S., & Kosim, M. (2022). Problema Integrasi-Interkoneksi Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Penguatan Kebijakan Inovasi Merdeka Belajar di Pesisir Selatan. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02). https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.679

Setyawati, C. E., Tambingon, H. N., Rawis, J. A. M., & Mangantes, M. L. (2022). Supervisi Dan Evaluasi Pendidikan Dalam Mewujudkan Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5).

Supriani, Y., Nurasa, A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Nilai-Nilai Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3538

Tambingon, H. N., Rawis, Y. A. M., Lenny, M., Mangantes, & Mottoh, Y. H. (2019). Problem Supervisi Dan Evaluasi Pendidikan (Kajian Tentang Problematika Guru di Sekolah Dalam Perspektif Supervisi Pendidikan). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23).

Utama, L. M., & Budiman, N. (2023). Pendidikan Berkarakter Berperpekstif Islam. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.263


Refbacks

  • There are currently no refbacks.