Optimalisasi Media E-Learning Berbasis Spada untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Kimia Dasar dengan Bertanggung Jawab Aktif

Dea Aisyah Rusmawati, Vony Armelia, Ratu Reni Budiyanti, Bayu Meindrawan, Kania Asri Liany

Abstract


Mata kuliah Kimia Dasar di Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, memiliki peran penting dalam membentuk dasar pemahaman ilmiah mahasiswa. Namun, evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa 67,74% mahasiswa memperoleh nilai C–E, dengan 64,3% mahasiswa mengaku kesulitan memahami konsep kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media e-learning berbasis SPADA guna meningkatkan hasil belajar. Metode eksperimen dengan uji t diterapkan pada 60 mahasiswa dari tiga kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar setelah optimalisasi media, dengan rata-rata nilai kelas A, B, dan C meningkat dari 44, 50, dan 29 menjadi 60, 61, dan 51, masing-masing, dengan peningkatan keseluruhan sebesar 39,78%. Uji t menghasilkan nilai t hitung 14,15, lebih besar dari t-tabel 2,00, menunjukkan perbedaan signifikan. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa penggunaan media e-learning berbasis SPADA efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mahasiswa Kimia Dasar. Selain perubahan hasil belajar, optimalisasi penggunaan media e-learning berbasis SPADA dapat meningkatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran dimana mahasiswa menjadi lebih aktif dalam mengakses materi kuliah secara online, menyelesaikan tugas-tugas, dan berpartisipasi dalam diskusi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alqahtani, A. Y., & Rajkhan, A. A. (2020). E-learning critical success factors during the covid-19 pandemic: A comprehensive analysis of e-learning managerial perspectives. Education Sciences, 10(9), 1–16. https://doi.org/10.3390/educsci10090216

Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika |, 1(2), 57–65.

El-Sabagh, H. A. (2021). Adaptive e-learning environment based on learning styles and its impact on development students’ engagement. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00289-4

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al Ta’dib, 2(1), 117–140.

Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207

Hernawati, E., & Aji, P. (2016). Perancangan dan Penerapan Konten e-Learning melalui Learning Management System dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Studi Kasus pada Mata Kuliah Pemrograman Basis Data. In Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence (Vol. 2, Issue 1). http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Ridwan, Lizati, F., & Nurmanita, M. (2024). Implementasi Buku Ajar Berbasis Ebook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Transmisi Dan Distribusi Tenaga Listrik. Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2).

Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook Pada Materi Redoks Dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan Stem-Pjbl Berbatuan Video Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p234--250

Zulfikhar, R., Mustofa, Hamodah, E., Sapulete, H., Sitopu, J. W., & Sari, M. N. (2024). Dampak Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademis Mahasiswa Perguruan Tinggi. Journal on Education, 6(4), 18381–18390.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.