Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Bermain pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Asri Cilegon
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode bermain di TK Al Asri Cilegon terbukti menjadi pendekatan yang efektif dan menyenangkan bagi anak usia 5-6 tahun. Metode ini mampu menumbuhkan minat belajar anak serta memfasilitasi pemahaman nilai-nilai keagamaan secara lebih alami dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Berbagai aktivitas bermain yang dikaitkan dengan nilai-nilai Islam—seperti permainan peran, nyanyian religi, bercerita, dan permainan edukatif—telah membantu anak-anak mengenal dan menginternalisasi ajaran Islam seperti salat, doa harian, akhlak mulia, dan cinta terhadap Allah dan Rasul-Nya.
Dengan pendekatan yang menyenangkan dan kontekstual, anak-anak lebih mudah menyerap materi keagamaan tanpa merasa tertekan. Hal ini menunjukkan bahwa bermain bukan hanya kegiatan rekreatif, tetapi juga sarana edukatif yang penting dalam pembentukan karakter religius sejk usia dini. Oleh karena itu, metode pembelajaran melalui bermain patut dikembangkan dan diintegrasikan secara berkelanjutan dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam di tingkat TK.Full Text:
PDF (Indonesian)References
Helmendoni. 2020. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Religius Siswa Melalui Ekstakurikuler Keagamaan Di Sma Negeri 1 Seluma Kecamatan Seluma Kota Kabupaten Seluma.”
Ishaq, I. 2009. Model Pembelajaran Anak Usia Dini: Membentuk Generasi Cemerlang Harapan Bangsa. Alfabeta.
Maulana, Uchty A. Y. U., And Subar Junanto. 2022. “Deskripsi Penerapan Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Pada Anak-Anak Pedesaan (Studi Paud Non Formal Kb Pelangi Dukuh Randusari Andong Andong Boyolali Tahun 2022/2023).”
Moleong, L. J., And T. Surjaman. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya.
Nasi’ah, I. I. N. 2014. “Penerapan Metode Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Materi Asmaul Husna Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kemuning Iv Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014.”
Neti, Susanti. 2020. “Mengembangkan Kosakata Anak Melalui Permainan Kotak Raba Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Tunas Muda Galih Lunik Lampung Selatan.”
Prambayun, Arif, M. Suyanto M. Suyanto, And Andi Sunyoto. 2016. “Model Gamifikasi Untuk Sistem Manajemen Pembelajaran.” Semnasteknomedia Online 4(1):2–6.
Rassang, Sarmita. 2020. “Kreatifitas Seni Kertas Dalam Upaya Memaksimalkan Keterampilan Motorik Halus Anak (Penelitian Tindakan Pada Kelompok B Tk Kristen Kota Palopo).” Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):128–38.
Saylendra, Nadya Putri, And Fitri Silvia Sofyan. 2022. “Upaya Pengembangan Nilai Sadar Hukum Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Boardgame.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 7(1):44–54.
Sholihati, Wiwit Indah. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Sentra Seni Dan Kreatifitas Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Kegiatan Menjahit Anak Kelompok A Di Ra Manbaul Muttaqin Grati Pasuruan.” Pp. 429–41 In Proceeding: The Annual International Conference On Islamic Education. Vol. 3.
Takuat, Hasdiana H. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Sosial Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle Di Kelompok B2 Tk Alkhairaat 1 Pusat Palu.”
Tilaar, H. A. R. 2003. Kekuasaan Dan Pendidikan: Suatu Tinjauan Dari Perspektif Studi Kultural. Indonesiatera.
Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Refbacks
- There are currently no refbacks.