Strategi Pendampingan Hafalan Al-Qur’an: Integrasi Metode Tanya Jawab dan Media Audio Visual dalam Penguatan Karakter Anak

Nur Ali Yasin, Putri Khoiriyah

Abstract


Kegiatan pendampingan hafalan Al-Qur'an pada anak usia sekolah dasar menjadi salah satu langkah strategi dalam menumbuhkan semangat religiusitas sejak dini. Artikel ini mendeskripsikan pelaksanaan program pendampingan hafalan Al-Qur'an di Desa Kampung Arab, Banyuwangi, yang dilakukan melalui pendekatan edukatif berbasis keluarga. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model partisipatif, melalui tiga tahapan utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendampingan dilakukan secara langsung pada anak-anak di daerah setempat dengan melibatkan media audio visual, permainan edukatif, serta pendekatan emosional. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan konsistensi dalam menghafal, serta keterlibatan aktif orang tua dalam mendampingi proses belajar anak sehingga terbentuk karakter anak didik yang mencintai al-Qur'an. Artikel ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidik, keluarga, dan lingkungan sekitar dalam mendukung pendidikan agama anak secara menyenangkan dan berkelanjutan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aji, W. N. (2016). Model pembelajaran Dick and Carrey dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119–126.

Desrinelti, D., Afifah, M., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Publik: Konsep Pelaksanaan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 83–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/3003906000

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami makna tes, pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi (evaluation) dalam pendidikan. Jurnal Education and Development, 10(3), 492–495.

Fauziah, I. N. N., Saputri, S. A., & Rustini, T. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 125–135. https://doi.org/https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.789

Fuadah, R., Husna, N., & Lc, M. (2023). Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Menghafal Juz 30 di TPQ Baiturrokhim Alian Kebumen. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen. https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/977/

Hodijah, S., & Supendi, D. (2021). Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasaan Spiritual Peserta Didik Kelas X di MA Al-Huda Jatiluhur. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(02), 77–93. https://doi.org/https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.02

Juliangkary, E. (2022). Kajian Literatur Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3).

Permadani, S. P., & Jatiningsih, O. (2022). Kesiapan Orang Tua Melepas Anaknya Kembali Ke Sekolah Ditinjau Dari Kepatuhan Protokol Kesehatan (Studi Pada Orang Tua Siswa Smp Dusun Jatirejo Desa Payaman Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 602–616. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n3.p602-616

Suriadi, S., & Amir, M. (2024). Pelaksanaan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Kabupaten Buton Tengah. Publica: Jurnal Administrasi Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 15(1), 109–117. https://journal.uho.ac.id/index.php/publica/article/view/986

Suryani, A. I., & Putri, S. G. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.244

Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam: 6 Metode Komunikatif dalam Pembelajaran PAI (Vol. 1). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yasin, N. A. (2025). Internalisasi Karakter Religius dan Sosial melalui Kegiatan Pondok Ramadhan di SDN 2 Kalipuro. 1(1), 57–61. https://terranovajournal.com/eduislamia/article/view/11


Refbacks

  • There are currently no refbacks.