The Role of Kyai Leadership and the Social Environment of Islamic Boarding Schools in Forming the Student’s Independence Character
Abstract
References
Ahmadi, M. (2023). Kepemimpinan Kharismatik di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dan Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 21(2), 134–148.
Alamin, N. S., Nur, F., & Febriyani, L. (2025). Peran sentral pengasuh pondok dalam internalisasi nilai pendidikan pada kehidupan santri. Konferensi Nasional Tarbiyah UNIDA Gontor, 3.
Arifin, Z. (2019). Pengaruh Kegiatan Kolektif dalam Pesantren terhadap Kemandirian Santri. Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 15(2), 101–112.
Bashori, A. (2019). Dimensi Kepemimpinan Transformasional Kyai dalam Pengembangan Pesantren. Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Pendidikan, 15(4), 289–303.
Bruinessen, M. (2015). Tarbiyah di Pesantren: Pendidikan Karakter dan Kemandirian Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 33–47.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage.
Faiqoh, F. (2020). Nilai-nilai Kesederhanaan dan Ketahanan Diri dalam Lingkungan Pesantren: Pengaruh terhadap Kemandirian Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 22(3), 198–211.
Fikroh, F., Wahyudin, A., & Muhtadi, S. (2023). Pendekatan Kepemimpinan yang Menggabungkan Aspek Personal dan Kultural di Pesantren. Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 19(1), 45–59.
Goffman, E. (1961). Asylums: Essays on the Social Situation of Mental Patients and Other Inmates. Anchor Books.
Hidayati, S., & Mamlukhah, N. (2023). Kepemimpinan Kharismatik Kyai dalam Pengembangan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Pesantren X. Jurnal Studi Kepemimpinan Islam, 14(3), 105–120.
Judge, T. A., Thoresen, C. J., Bono, J. E., & Patton, G. K. (2001). The job satisfaction–job performance relationship: A qualitative and quantitative review. Psychological Bulletin, 127(3), 376–407. https://doi.org/10.1037/0033-2909.127.3.376
Mastuhu. (1994a). Dinamika sistem pendidikan pesantren : suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. INIS.
Mastuhu, M. (1994b). Sistem Peer Group di Pesantren: Menciptakan Lingkungan Kompetitif dan Kolaboratif bagi Santri. Jurnal Sosial Pendidikan, 9(2), 52–65.
Nafi’, M. (2018). Pesantren sebagai Mini Society: Peran Sosial dalam Pembentukan Kemandirian Santri. Jurnal Sosial Dan Pendidikan, 17(4), 124–136.
Najmudin, Syihabudin, Fatoni, A., & Saleh, S. (2021). Pendayagunaan Zakat Produktif BAZNAS Kabupaten Serang dalam Pemberdayaan Ekonomi Usaha Mikro Kecil (UMK) di Masa Pandemi Covid 19. Mizan: Journal of Islamic Law, 5(2), 223–236. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/mizan/index
Neli Maulidiyah. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Peran Pesantren pada Era Globalisasi di Pondok Pesantren Attholibiyah Bumijawa Tegal. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 16–40. https://doi.org/10.62490/latahzan.v15i1.379
Prayogi, M., & Ashari, D. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kyai terhadap Motivasi Belajar Santri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi, 18(2), 202–213.
Roch Asih, Dali S. Naga, & Muljadi Muljadi. (2021). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Tanggung Jawab Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Korelasional pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Dharmaputra Tangerang). Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 5(1), 52–64. https://doi.org/10.47861/dv.v5i1.44
Stoner, J. A. F. (2012). Management: Principles and Practices (12th ed.). Pearson Education.
Sunardi. (2017). Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo Jombang. Al-Idaroh, 1(1), 117–137.
Suryana, Y., Lestari, H., & Purnama, S. (2021). Evolusi Gaya Kepemimpinan Kyai di Pesantren: Dari Kharismatik ke Partisipatif. Jurnal Pendidikan Islam, 17(4), 276–290.
Zuhriy, M. (2011). Pengaruh Sistem Mondok terhadap Pembentukan Kemandirian Santri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 72–84.
Refbacks
- There are currently no refbacks.