SEJARAH DAN KONTRIBUSI MAJLIS TA’LIM DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA

Iwan Ridwan, Istinganatul Ulwiyah

Abstract


Majelis ta’lim dalam persoalan kehidupan masyarakat dan bangsa mempunyai fungsi yang sangat signifikan, terutama bagi ukhuwah wathaniyah. Adapun kedudukan majelis ta’lim secara sosiologis bukan hanya sekedar tempat berkumpulnya kaum bapak-bapak dan kaum ibu-ibu saja, melainkan mempunyai nilai teologis yang akan memberikan pengetahuan, penghayatan dan bimbingan perilaku untuk melaksanakan nilai-nilai luhur Islam. Majelis ta’lim adalah lembaga pendidikan non formal yang menyelenggarakan pengajian Islam. Lembaga ini berkembang dalam lingkungan masyarakat muslim di Indonesia, kebanyakan majelis ta’lim dikelola secara tradisional dengan menggunakan pendekatan pahala dan konsep lillahi ta’ala, sehingga materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan jamaah dan masyarakat, dengan demikian keberadaan majelis ta’lim dirasa sangat membantu dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia sehingga bisa melahirkan calon dai’/guru/pendidik yang mendakwahkan risalah keislaman sebagimana Nabi Muhammad mendakwahkan ajaran islam kepada para umatnya. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data dalam penelitian ini dibagi dua, yaitu data primer. Data sekundernya yaitu berupa buku, artikel atau tulisan-tulisan, yaitu mengumpulkan buku-buku, literatur dan referensi lain yang ada kaitannya dengan masalah yang sedang dibahas.


Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam; Pada Periode Klasik dan Pertengahan, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2010

Abdullah, Abd. Rahman, Aktualisasi Konsep Dasar Pendidikan Islam, Yogyakarta : PT. UII Press, 2001

Asnawir, Manajemen Pendidikan, Padang : PT. IAIN IB Press, 2005

A.W. Munawir, Kamus Al-Munawwir; Arab-Indonesia Terlengkap, Yogyakarta : PT. Pustaka Progresif, Cet, 25, 2002

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Amzah, 2011

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jakarta : PT. Ikhtiar Baru Van Haeve, 1994

Fadlullah, Quo Vadis Pendidikan Islam; Analisis Tujuan dan Program Pendidikan Islam Sepanjang Hayat, Serang : PT. Untirta Press, 2005

Helmawati, Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Taklim; Peran Aktif Majelis Taklim Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2013

Haidar Daulay Putra, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : PT. Kencana, 2009

H. M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 1995

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, cet-3, 2003

Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem, Semarang : PT. Rasail Media Group, 2008

Manfred Zimek, Pesantren dan Perubahan Sosial, Jakarta : PT. LP3ES, 1986

Rosihan Anwar, dkk, Majelis Ta’lim dan Pembinaan Umat, Jakarta : PT. Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur Keagamaan Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Depaag RI

Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2001

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Kalam Mulia, 2004

Samsul Nizar, dan Zainal Efendi Hasibuan, Hadis Tarbawi; Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasulallah, Jakarta : PT. Kalam Mulia, 2011

Tuti Alawiyah, Strategi Dakwah di Lingkungan Majelis Taklim, Bandung : PT. Mizan, 1997

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1997


Refbacks

  • There are currently no refbacks.