PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENILAIAN ALTERNATIF

Sutrisno Sadji Evenddy

Abstract


ABSTRAK
Artikel ini menganalisis 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam penilaian alternatif. Penilaian alternatif adalah jenis penilaian otentik. Salah satu kelebihan dari penilaian ini adalah penilian ini memfokuskan pencapaian belajar siswa pada prosesnya. Diharapkan dengan melakukan jenis penilaian ini karakter siswa bisa dibentuk dan ditingkatkan. Jenis dari penilaian yang didiskusikan di dalam artikel ini adalah portofolio, jurnal, dan self dan peer-assessment. Dari hasil analisis ditemukan bahwa ada nilai-nilai pendidikan karakter bangsa Indonesia dalam penilaian alternatif di atas. Dalam portofolio ditemukan karakter jujur, terbuka, berani, demokratis, tanggung jawab, komunikatif, menghargai. Dalam jurnal ditemukan karakter adalah jujur, toleransi, kreatif, demokratis, menghargai prestasi, disiplin, bersahabat/komunikatif dan peduli sosial. Dan dalam self dan peer assessment ditemukan karakter jujur, mandiri, demokratis, komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Kata kunci: Penilaian alternatif, nilai, pendidikan karakter,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.