KECERDASAN MAJEMUK DAN METODE PEMBELAJARANNYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis-jenis kecerdasan atau kecerdasan majemuk
(Multiple Intelligence) yang dimiliki setiap manusia dan (2) mengetahui metode pembelajaran
untuk mengembangkan potensi anak sesuai dengan jenis kecerdasannya masing-masing.
Masalah penelitian ini adalah (1) Jenis-jenis kecerdasan atau kecerdasan majemuk (Multiple
Intelligence) apa sajakah yang dimiliki setiap manusia? dan (2) Bagaimanakah metode
pembelajaran untuk mengembangkan potensi anak sesuai dengan jenis kecerdasannya masingmasing?
Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka. Data penelitian ini adalah teori dan
konsep tentang pengertian kecerdasan, jenis-jenis kecerdasan, ciri-ciri setiap jenis kecerdasan,
profesi dan karier yang sesuai dengan jenis-jenis kecerdasan, dan metode pembelajarannya.
Adapun sumber data penelitian ini adalah buku, makalah, jurnal, dan artikel, serta laporan hasil
penelitian yang relevan. Kesimpulan penelitian ini adalah (a) Definisi kecerdasan menurut Howard
Gardner adalah (1) kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, (2) kemampuan untuk
menciptakan masalah baru untuk dipecahkan, dan (3) kemampuan untuk menciptakan sesuatu
atau menawarkan suatu pelayanan yang berharga dalam suatu kebudayaan masyarakat. (b) Menurut
Gardner, setidaknya ada delapan kecerdasan dasar. Adapun kedeplapan kecerdasan dasar tersebut
meliputi kecerdasan lingustik, matematis-logis, spasial, kinestetis jasmani, musikal, interpersonal,
intrapersonal, dan naturalis. (c) Menurut teori Kecerdasan Majemuk setiap jenis kecerdasan
memiliki metode/cara belajar yang berbeda-beda. Hal ini bukan berarti mereka tak bisa menerima
metode/cara belajar yang lain tetapi cara belajar tertentu memberikan penyerapan yang lebih baik
bagi mereka. Adapun saran penelitian ini adalah (a) Guru dan orang tua hendaknya dapat memahami
jenis-jenis kecerdasan anak (siswa) yang biasa disebut dengan istilah kecerdasan majemuk
(Multiple Intelligence) sehingga guru dan orang tua dapat bersikap bijak dalam menilai kemajuan
perkembangan anak. Selain itu, guru dan orang tua juga harus menguasai metode pembelajarannya
untuk mengembangkan jenis-jenis kecerdasan tersebut. (b) Peneliti dan penulis berikutnya
hendaknya dapat melakukan pengkajian atau penelitian masalah ini lebih luas dan lebih dalam
lagi dari sudut pandang yang lain karena penelitian ini baru membicarakan sebagian aspek saja.
Kata Kunci: kecerdasan, kecerdasan majemuk, dan metode pembelajarannya.
----------------------------------------------------------
This study aims to (1) determine the types of intelligence or of multiple intelligences (Multiple
Intelligence) which every human being and (2) determine the learning method to develop the
potential of children in accordance with their respective types of intelligence. The problem of this
study were (1) Types of intelligence or of multiple intelligences (Multiple Intelligence) What are
some of every human being? and (2) How is the learning method to develop the potential of children
in accordance with their respective types of intelligence? This study uses literature review. Data of
this research is about understanding the theories and concepts of intelligence, the types of intelligence,
the characteristics of each type of intelligence, professions and careers that match the types
of intelligence and learning methodology. The source of research data are books, papers, journals,
and articles, as well as relevant research reports. It is concluded that (a) Definition of intelligence by
Howard Gardner is (1) the ability to solve a problem, (2) ability to create new problems to solve, and
(3) the ability to create anything or offer a valuable service in a culture community. (B) According to
Gardner, there are at least eight basic intelligence. The basic intelligence kedeplapan include
linguistic intelligence, logical-mathematical, spatial, bodily kinesthetic, musical, interpersonal,
intrapersonal, and naturalist. (C) According to the theory of Multiple Intelligences any kind of intelligence
has methods / ways of learning different. This does not mean they can not accept the
methods / ways of learning how to learn certain other but provides better absorption for them. The
suggestion of this study were (a) Teachers and parents should be able to understand the kinds of
intelligence of children (students) are commonly referred to as multiple intelligences (multiple
intelligence) so that teachers and parents may be wise to assess the progress of the development
of children. In addition, teachers and parents also have to master the learning methods to develop
the types of intelligences. (B) Research and subsequent authors should be able to do assessments
or research the issue is broader and deeper than the other point for new research to discuss
some aspects of the course.
Keywords: intelligence, multiple intelligences and learning methodology.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.