IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Tujuan pendidikan nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Oleh karena itu pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bagian dari materi pendidikan
mempunyai tanggungjawab untuk dapat merealisasikan tujuan pendidikan Nasional tersebut.
Karena tujuan dari pendidikan Islam adalah membentuk insan yang bertakwa. Dan tujuan akhir
dari ajaran agama Islam (pendidikan agama Islam) adalah sikap dan perilaku umat beragama
yang berkarakter mulia.
Implementasi model pendidikan karakter terdapat dua jenis model yang dapat dikembangkan.
Implementasi pertama, dilakukan dengan penanaman nilai melalui pembiasaan budaya di kampus
dan di rumah. Implementasi kedua, dilakukan dengan mengintegrasikan pada mata pelajaran.
Untuk membentuk karakter peserta didik atau mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai macam
pendekatan, yaitu: (1). Keteladanan, (2). Penanaman kedisiplinan, (3) Pembiasaan, dan (4)
Menciptakan suasana yang kondusif. Dalam proses pembelajaran PAI di kelas, dosen hendaknya
memuat nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam aspek materi pembelajaran, yang dimulai sejak
membuat silabus dan SAP.
Kata Kunci: Pendidikan karakter, Pendidikan Agama Islam
--------------------------------------------------------
National education goals is for the development of students' potentials to become a man of
faith and devoted to God Almighty, noble, healthy, knowledgeable, skilled, creative, independent,
and become citizens of a democratic and accountable. Therefore the Islamic Religious education
as a part of the educational material has a responsibility to be able to realize the goals of the
national education. Since the purpose of Islamic education is to form a human being cautious. And
the ultimate goal of the teachings of Islam (Islamic education) is the attitude and behavior of
religious people of noble character.
Implementation of character education model there are two types of models can be developed.
The first implementation, carried out by planting value through habituation culture on campus
and at home. The second implementation, carried out by integrating the subjects. To shape the
character of learners or students can do with a variety of approaches, namely: (1). Modeling, (2).
Planting discipline, (3) Habituation, and (4) creating a conducive atmosphere. PAI in the learning
process in the classroom, professors should contain the values ??of character education into the
aspect of learning materials, which began making the syllabus and SAP.
Keywords: character education, Islamic education
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.