ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DRAMA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII DAN VIII SMPN 1 KADUHEJO PANDEGLANG
Abstract
Secara umum fokus penelitian ini adalah pada proses awal mula pembelajaran drama yang
kemudian disebut kelompok teater di SMPN 1 Kaduhejo Pandeglang serta respon siswa, guru,
dan orang tua terhadap pembelajaran drama. Berdasarkan fokus penelitian, tujuan penelitian ini
salah satunya adalah mendeskripsikan proses awal mula pembentukan kelompok belajar teater
dan mendeskripsikan respon siswa, guru, dan orang tua terhadap pembelajaran drama. Pendekatan
kualitatif dalam penelitian ini menggunakan metode etnografi. Penelitian ini memang tidak
meneliti budaya yang terjadi di masyarakat luas pada umumnya penelitian etnografi. Metode etnografi
dalam penelitian ini digunakan untuk meneliti sekelompok pelajar atau komunitas pelajar yang
tergabung dalam kelompok teater di sekolah sehingga terjadi perubahan budaya sikap yang
berkarakter. Seluruh peristiwa yang ditemukan selama penelitian, baik berupa kata ataupun perbuatan
menjadi data yang sangat penting bagi kesuksesan penelitian ini. Data juga diperoleh dari
sumber data yang berasal dari beberapa informan, seperti siswa atau anggota teater, pembina
teater, wali kelas, kepala madrasah, dan orang tua siswa. Instrumen yang digunakan dalam menghimpun
data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Setelah dilakukan analisis
data hasil penelitian, ditemukan fakta bahwa terdapat garis lurus yang sangat signifikan antara
materi pembelajaran drama dengan pendidikan karakter. Hal ini membuktikan jika nilai-nilai pendidikan
karakter juga terdapat dalam materi pembelajaran drama. Meskipun semula hal ini tidak
disadari oleh siswa yang mempelajari drama itu sendiri.
Kata Kunci: Values Character, Education, Drama.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.