PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA BUKU CERITA ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANTEN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 3 KOTA SERANG

Astuti Ambarwati, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu peningkatan kemampuan literasi dan penguasaan
kosakata pada anak usia 5-6 tahun melalui media buku cerita kearifan lokal Banten. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2017 yang terdiri dari tiga siklus yaitu siklus
I,II dan III yang masing-masing diadakan dua kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan dilakukan
observasi, hasil yang diperoleh menunjukkan anak belum diberikan upaya untuk meningkatkan
kemampuan literasi dan penguasaan kosakata melalui media buku cerita kearifan lokal Banten,
oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan
hasil observasi dan dokumentasi berupa foto-foto. Hasil pengamatan awal sebelum dilakukan
tindakan prosentase skor yang diperoleh anak sangat kurang dengan data sebagai berikut: pada
pra siklus kemampuan literasi dan penguasaan kosakata anak hanya mencapai 32%. Setelah
menemukan masalah kesulitan yang dialami anak dalam kemampuan literasi dan penguasaan
kosakatanya, kemudian melakukan tindakan yang telah direncanakan, melakukan pengamatan
dan refleksi dengan kolaborator. Pada siklus I mencapai 47%, siklus II rata-rata mencapai 55%
dan siklus III mencapai 86%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan
prosentase kemampuan literasi dan penguasaan kosakata anak. Dengan demikian penelitian ini
berhasil. Kesimpuln bahwa melalui media buku cerita kearifan lokal Banten yang menarik, dapat
membantu kesulitan-kesulitan dalam hal peningkatan kemampuan literasi dan penguasaan
kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 3 Kota Serang.


Kata Kunci: buku cerita kearifan lokal Banten, literasi, kosakata.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.