PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS KELAS SATU SEKOLAH DASAR BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Devi Fadila

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik yang rendah dalam menguasai
kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa
Inggris berbasis lingkungan kelas satu Sekolah Dasar untuk meningkatkan penguasaan kosakata
dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan
metode R & D dengan metode pengembangan Four D, meliputi studi pendahuluan untuk langkah
perbaikan, perencanaan, pengembangan produk awal, dan diseminasi. Produk yang dikembangkan
dalam penelitian ini berupa LKS bahasa Inggris berbasis lingkungan untuk kelas satu Sekolah
Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDS Rendhawa English School Cilegon dengan subjek penelitian
peserta didik kelas satu yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara dengan guru dan peserta didik, serta menggunakan soal pre-test
dan post-test untuk mengetahui penguasaan kosakata dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan bahan ajar
berupa LKS bahasa Inggris berbasis lingkungan, peserta didik mampu meningkatkan penguasaan
kosakata derta mampu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Inggris.


Kata kunci: bahan ajar, kosakata, hasil belajar Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.