PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BARUGBUG 1 KECAMATAN PADARINCANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswagan
menggunakan model STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran IPA pada
materi sistem pernapasan manusia. Subjek penelitian dalam hal ini yaitu siswa kelas V SDN
Barugbug 1 yang berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan.
Penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret sampai bulan Mei 2017. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu pada pra
siklus siswa kelas V masih pasif dan proses pembelajaran masih berlangsung secara klasikal
atau guru sebagai sumber pengetahuan, pada siklus I mulai terlihat keaktifan siswa walaupun
tidak seluruhnya, hasil pos tes sebesar 78. 63 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar
89. 12, siswa lebih aktif, responsif serta saling kerjasama pada siklus II, hasil angket minat
meningkat dari 57. 5 siklus I menjadi 80. 62 pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, STAD, Minat Belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.