PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KEDALEMAN I KOTA CILEGON

Buang Buang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) cara mendesain pembelajaran terpadu connected
untuk peningkatankreativitas dan hasil belajar IPA, (2) cara menerapkan pembelajaran
terpadu connected untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V, (3) cara
mengevaluasi pembelajaran terpadu connecteddi kelas V, (4) peningkatan kreativitas setelah
diterapkannya pembelajaran terpadu connected, (5)Peningkatan hasil belajar IPA setelah
diterapkannya pembelajaran terpadu connected kelas V SDN Kedaleman I Kota Cilegon. Penelitian
ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pembelajaran
terpadu connected, bertempat di SDN Kedaleman I Kota Cilegon. Penelitian dilaksanakan pada
bulan November sampai bulan Desember 2017. Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan
penerapan pembelajaran tematik connected untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan kreativitas
siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah
siswa kelas V SDN Kedaleman I Kota Cilegon berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan
penerapan pembelajaran terpadu connected dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA
tema sehat itu penting siswa kelas V SDN Kedaleman I Kota Cilegon.


Kata Kunci: model connected, hasil belajar IPA, kreativitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.