REPRESENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN MEMBATIK

Ghufronudin Ghufronudin, Ahmad Zuber, Argyo Demartoto

Abstract


Globalisasi berdampak pada menurunnya kecintaan siswa pada kearifan lokal sehingga
siswa kurang memahami makna eksistensi batik sebagai warisan budaya yang kaya nilai-nilai
kebijaksanaan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi pendidikan karakter
berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran membatik di SMA Batik 2 Surakarta. Unit analisis
penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini adalah stakeholders SMA Batik 2 Surakarta
yang dipilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara
mendalam dan dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber lalu dianalisis dengan
model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran membatik di sekolah
dapat tercapai keseimbangan hati nurani, supra-ritual, dan intelektualitas siswa berkaitan dengan
Tuhan melalui kandungan nilai falsafah dalam simbol batik. Pembelajaran membatik yang dilakukan
secara klasikal melalui teori maupun praktik berdampak positif bagi pembentukan karakter siswa
sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal.


Kata Kunci: Representasi, Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Batik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.