PENANAMAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TILAWATI

Rt Bai Rohimah, Maya Aufa, Abdurohim Abdurohim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter melalui pembelajaran Al Quran dengan menggunakan metode tilawati? karakter-karakter apa sajakah yang muncul? dan bagaimana mempertahankan karakter baik tersebut? Kita ketahui bersama bahwa Al Quran merupakan kalamullah yang didalamnya terkandung muatan karakter yang tercermin dari sosok Rasulallah Muhammad SAW sebagai tokoh pembaharu yang membawa amanah Al Quran, dan bertanggungjawab terhadap perubahan karakter masyarakat quraisy, yang pada waktu itu masih dalam keadaan jahiliyyah. Meski dalam pembelajaran tilawati, para santri hanya ditekankan pada perbaikan bacaan Al Qurannya terlebih dahulu, namun demikian bahwa diyakini akan muncul karakter-karakter lain setelahnya. Diantara karakter yang muncul adalah karakter gemar membaca Al Quran, termotivasi untuk memahami kandungan Al Quran dan terdorong untuk mengamalkan isi kandungan Al Quran. Penelitian ini menguraikan beberapa hal penting tentang karakteristik dari metode tilawati, dan menganalisa karakter-karakter yang muncul darinya, yaitu 1). Pembelajaran Al Quran diajarkan secara praktis; 2). Irama yang digunakan dalam membaca Al Quran metode tilawati ini menggunakan lagu rost; 3). Al Quran diajarkan secara klasikal dengan menggunakan alat peraga; 4). Dan diajarkan secara individual dengan teknik baca simak menggunakan buku. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan penelitian pada populasi yaitu lembaga pendidikan Islam Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Babul Hidayah Taman Graha Asri yang berada di Kota Serang sebagai lembaga mitra binaan Tilawati Center Kota Serang. Sebagai data primer yaitu data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti melalui pengamatan langsung dan wawancara dengan para guru dan trainer metode tilawati. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pembelajaran Al Quran dengan menggunakan Metode Tilawati bagi anak-anak usia 5-9 tahun sangat efektif dan dapat menanamkan karakter cinta Al Quran, sikap hormat kepada guru, menumbuhkan rasa kasih sayang antar sesama, sikap gemar bergotong-royong, sikap bertanggung jawab, mandiri, berani, tertib, disiplin, tawakkal kepada Allah, patuh, sikap kerja keras, rasa ingin tahu, semangat dalam belajar, fokus, dan demokratis.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, A. M. (2018). Strategi Pembelajaran Al Quran : Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al Quran Nurul Falah.

Ainna Amalia FN, Cicik Ainurrohmah, Implementasi Metode Tilawati Dalam Menghafal Bacaan Sholat Di TPQ Miftahul Hidayah Gondang Nganjuk Jawa Timur, JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi Volume 1, Nomor 2, September 2015

Arikunto, S. (2004). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darajat, Z. (2004). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Agama Islam.

Hasan, M. T. (2004). Islam Dan Masalah Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lantabora Press.

Imtihanudin, D. (2020). Model Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Al Quran Metode Tilawati. Cakrawala Paedagogik, 106.

Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al Quran. Bandung: Mizan.

Supardi. (2004). Perbandingan Metode Baca Al Quran Bagi Pelajar di TKA/TPQ Kelurahan Bareng Malang. Lemlit Stain Mataram.

Muaffa, Ali. Makalah Standar Nasional dan Metodologi Pengajaran Al Qur’an. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Moeloeng, Lexy J.. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.

Muhaimin, H. Abd. Ghofir, dan Nur Ali Rahman.. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Citra Media.

Qardhawi, Yusuf. (1998). Berinteraksi dengan Al Qur’an. Bandung: Mizan.

Said, Usman dan Jalaluddin. (1994). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Salim Zarkasyi , Dachlan. Metodologi Pengajaran Qiro’ati. Malang: Koordinator Pendidikan Al Qur’an Metode Qiro’ati.

Santoso, Adi Subhan, Implementasi Metode Iqra’ Dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Al-falah Modung Bangkalan, Annaba : Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 No. 1 Maret 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.