ISLAMIC EDUCATION AND CIVIL SOCIETY

Iwan Ridwan, Siti Muhibah, Ima Maisaroh, Istinganatul Ngulwiyah

Abstract


Masyarakat Madani merupakan wacana yang sedang dikembangkan pada era reformasi sekarang ini. Civil Soceity atau dalam istilah lain masyarakat madani menjadi penting untuk dijadikan sebuah usulan perubahan yang dicita-citakan semua bangsa. Bangunan masyarakat madani membutuhkan berbagai material yang kokoh dan tangguh yang berlandaskan pada pondasi agama. Kunci bangunan tersebut adalah pendidikan Islam. Pendidikan Islam sebagai upaya mencetak generasi unggul yang Islami yang nantinya akan mempersatukan diri membentuk masyarakat yang religious, bermoral, memiliki kualitas tinggi dan kreatif dalam membangun peradaban.

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan konsep, gagasan dan pola pendidikan Islam dalam masyarakat madani di Indonesia. Di samping itu tulisan ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis tentang pendidikan Islam yang difokuskan pada tujuan dan materi pendidikannya yang dapat berperan dalam membangun masyarakat madani, yaitu tujuan dan materi pendidikan Islam yang dapat membentuk manusia-manusia yang berkarakter sebagaimana yang tercakup dalam ciri-ciri masyarakat madani yakni masyarakat yang beradab, memberlakukan nilai-nilai keadilan, prinsip kesetaraan hukum, jaminan kesejahteraan bagi semua warga, serta perlindungan terhadap kelompok minoritas.

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan studi atau telaah terhadap buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menelusuri buku-buku atau tulisan-tulisan lain yang menjadi rujukan utama serta buku-buku dan tulisan-tulisan lain yang mendukung pendalaman dan ketajaman analisis.

Full Text:

PDF

References


Azyumardi Azra, Menuju Masyarakat Madani; Gagasan, Fakta, dan Tantangan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Abd. Rahman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam Paradigma baru pendidikan Hadhari berbasis Integratif-Interkonektif, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Akram Dhiyauddin Umari. Masyarakat Madani ; Tinjauan Historis Kehidupan Zaman Nabi.

Adi Suryadi Culla. Masyarakat Madani ; Pemikiran, Teori dan Relevansinya dengan Cita-Cita Reformasi.

Ahmad Ghani, Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani, Jurnal Pendidikan Islam, Al-Tadzkiyyah, Vol, 6, November 2015, P. ISSN ; 20869118.

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT : Sinar Grafika Offset, 2010

Fathul Jannah, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 13.No. 2, Desember 2013.

Fahmi Huwaidi. Demokrasi Oposisi dan Masyaraka Madani.

Farid Wajdi Ibrahim, Pembentukan Masyarakat Madani di Indonesia Melalui Civic Education, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Agustus, 2012, Vol. XIII, No. 1.

Fauzi, Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Melalui Kepemimpinan Spiritual : Suatu Telaah Diskursif. Empirisma STAIN Kediri.

Hasan Baharun and Robiatul Awwaliyah, ‘Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam’, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5.1, 2018

Hamzah Junaid, Sumber, Azas Dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi secara makro dan mikro terhadap rumusan kebijakan pendidikan nasional), Sulesana Vol. 7 No. 2, 2012

Hasan Baharun, Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan Dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI), Yogyakarta: Cantrik Pustaka, 2017

Ismatul Izzah, Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani, Jurnal Pedagogik; Vol. 05, No. 01. Januari-Juni 2018. ISSN ; 2354-7960; E-ISSN ; 2528-5793. Https://ejournal.unuja.ac.id/index/php/pedagogok

Joko Subagyo, Metode Penelitian dan Praktek, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002

Muh Arsyad, Bahaking Rama, Urgensi Pendidikan Islam dan Interaksi Sosial Masyarakat Soppeng; Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani, Al-Musannif; Journal of Islamic Education and Teacher Treaning, Vol. 1, No. 1. 2019

Moh. Muslih & Wan Hasmah Wan Mamat, Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Komprehensif, dalam FORUM TARBIYAH Vol. 7, No. 1, Juni 2009

Moh. Muslih & Wan Hasmah Wan Mamat, Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Komprehensif

Nurcholish Madjid. Menju Masyarakat Madani : Jurnal Ulumul Qur’an. No 2/VII/1996

Nurcholis Majid, Masyarakat Tamadun; Kritik Hermeneutis Masyarakat Madani

Omar Mohammad At-toumy, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta : PT : Bulan Bintang 1979

PUSLIT IAIN Syarif Hidayatullah. Pendidikan Kewargaan, Demokrasi. HAM dan Masyarakat Madani

Rubino Rubiyanto, dkk, Landasan Pendidikan, Surakarta : Muhammadiyah University Press, 2003

Robiatul Awwaliyah dan Hasan Baharun, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional; Telaah Epistimologi terhadap Problematika Pendidikan Islam, Jurna Ilmiah DIDAKTIKA, VOL 19, NO. 1, Agustus, 2018

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT. Bina Usaha, 1993

Umar Tirtarahardja dan S,L.La Solo, Pengantar Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2008

Zamroni Hasan Baharun, Manajemen Mutu Pendidikan : Ikhtiar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Pendekatan Balanced Scorecard, Tulungagung: Akademia Pustaka, 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.