NILAI-NILAI KARAKTER DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-FATIHAH SEBAGAI CORE VALUE BERPERILAKU

Ma’zumi Ma’zumi

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengidentifikasi dan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Al-Qur’an Surah Al-Fatihah. Nilai-nilai karakter tersebut menjadi core value  berperilaku baik terkait dengan keyakinan, tata atura Allah SWT maupun pengabdian kepada Allah SWT. Untuk memudahkan menganalisis Al-Qur’an Surah Al-Fatihah dalam rangka mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya, penulis membagi dalam tiga bagian: Pertama, Allah sebagai Rabb Al-‘Alamin yang disifati dengan Rahman dan Rahim; kedua: Allah sebagai Malik Yaum Al-Din; dan ketiga: Iyyaka Na’budu, hanya Allah-lah yang patut disembah, Allah sebagai pemberi pertolongan dan yang menuntun ke jalan kebenaran. Artikel ini adalah hasil dari kajian literer (pustaka) tentang nilai-nilai karakter dan tafsir surah Al-Fatihah. Secara kualitatif konseptual dimulai dengan membaca, mencatat (mengumpulkan data), menidentifikasi, menyusunnya dalam satuan-satuan sesuai urutan pola berpikir, kemudian menganalisis hingga pada kesimpulan. Masalah penelitian ini adalah nilai-nilai karakter apa yang terkandung dalam Q.S. Al-Fatihah? Dan nilai-nilai karakter apa yang menjadi core value perilaku?. Hasil penelitian, bahwa nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Q.S. Al-Fatihah adalah syukur,  religius, jujur, toleran, disiplin, mandiri, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, tolong menolong, mendahulukan kewajiban di atas hak, dan bertanggung jawab. Berperilaku dengan nilai-nilai karakter tersebut berada dalam ruang lingkup keimanan kepada Allah sebagai Rabb, Malik dan Ma’bud.


Full Text:

PDF

References


Abi Laits Nasr bin Muhammad bin Ahmad bin Ibrahim al-Samarqandy, Tafsir Al-Samarqandy Al-Musamma Bahr Al-Ulum, Beirut-Libanon: Daar Al-Kitab Al-Ilmiah, n.d.

Al-Maraghy, Ahmad Musthafa, Tafsir al-Maraghy, juz V, Beirut: Daar al-Fikr, 1987.

Al-Ashqalany, Al-Imam al-Hafidz Ibn Hajar, Fath al-Barr ‘ala Syarh Shahih al-Bukhary, Penerjemah: Gazirah Abdi Ummah, Jakarta: Pustaka Azzam, 2010.

Al-Thabary, Abu Ja’far Muhammad Ibn Jaris, Jami’ul Bayan ‘an Ta’wil ayat Al-Qur’an, Beirut: Dar al-Fikr, 1988.

Al-Quran dan Terjemahannya, Madinah: Mujamma’ Al-Malik Fahd li Thaba’ah Al-Mushaf Asy-Syarif, 1993.

Assael, H . Consumer Behavior and Marketing Action, Boston, MA: Kent Publishing, 1984.

Darwis Abu Ubaidah, Tafsir Al-Asas, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2012

Dirjen Dikdasmen Kemendiknas, Pembinaan Pendidikan Karakter, n.d.

Elizabeth A. dkk. Belief Systems, Religion, and Behavioral Economics, New York: Business Expert Press LLC., 2014.

Hemakumara, dkk. Spatial Behaviour Modelling of Unauthorised Housing in Colomb, Sri Lanka, The Asian Journal of Humanities, 25 (2): 91-107. Doi:10.21315/kajh2018.25.2..5

Homer, Pamela M. and Lynn R. Kahle, A Structural Equation Test of the Value-Attitude-Behavior Hierarchy,” Journal of Personality and Social Psychology, 1988, 54 (4)

Khan. D. Yahya, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, Yogyakarta: Pelangi Publising, 2010

Koesoema A,. Doni, Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak Di Zaman Modern, Jakarta: PT Grasindo, 2007

Mashri Sirojuddin Iqbal, Pengantar Ilmu Tafsir, Bandung: Angkasa, 1989.

Ma’zumi, dkk. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Sunnah: Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah, Tarbawi, Indonesian Journal of Islamic Education.Vol. 6 nomor 2, 2019. Hal. 196-197. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/21273

Munawwir, AW. Kamus Al-Munawwir, edisi 2, Surabaya: Pustaka Progresif, 1997

Muslich. Masnur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Rokeach, Milton, Beliefs, Attitudes, and Values, San Francisco: Jossey-Bass, 1968

Roli Abdul Rahman, dkk. The Al-Fatihah Character: Aktualisasi Nilai-nilai Al-Fatihah sebagai Best Paractice Pendidikan, Yogyakarta: Bildung, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.