Pengaruh Kualitas Produk, Religiusitas, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Menabung di Bank Syariah

Melita Puji Pramudani, Annisa Fithria

Abstract


This study analyses the effect of product quality, religiosity, service quality, and promotion on student saving decisions at Islamic banks. This study uses 60 respondents as samples. This study uses purposive sampling to determine the samples with certain criteria. This study uses the multiple linear regression method to examine the effect of the independent variable on the dependent variable. The results indicate that product quality and promotion affect student saving decisions, but religiosity and service quality have no effect on student saving decisions.


Keywords


kualitas produk; religiusitas; kualitas pelayanan; promosi; keputusan menabung

Full Text:

PDF

References


Apriyanti, H. W. (2018). Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 83 -104.

Basofi, A., Tjahjono, E., & Murti, I. (2018). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di Mata Nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sepanjang Sidoarjo. Jurnal Representamen, 3(2), 1-6.

Basri, Y. M. (2015). Pengaruh Dimensi Budaya dan Religiusitas Terhadap Kecurangan Pajak. Akuntabilitas, 8(1), 61-77.

Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis dengan SPSS Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Desiana, Susilowati, D., & Putri, N. K., (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, 11(1), 23-34.

Dinaratu, D. A., & Muttaqin, A. (2017). Kualitas Produk, Pelayanan, dan Nilai Syariah terhadap Persepsi Mahasiswa Ekonomi Islam untuk Menjadi Nasabah Bank Syariah. FALAH: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 196-210.

Djunaedi. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), dan Kualitas Produk Terhadap, Citra Bank, dan Keputusan Menabung di BNI Syariah Kota Kediri. JMM17:Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(2), 104-119.

Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business & Banking (JBB), 5(1), 146-162.

Hadi, S. N. (2019). Peran Mediasi Sikap pada Pengaruh Edukasi dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menabung Nasabah. At-Tauzi’: Jurnal Ekonomi Islam, 19(1), 1-15.

Hapsari, T. R., Waluyo, H. D., & Widayanto, W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Muamalat Indonesia Syariah (Studi Kasus Pada Kantor Kas Baiturrahman Bank Muamalat Indonesia Syariah Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 311-316.

Harahap, Z., & Anggraini. J. (2018). Pengaruh Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Sumsel Babel Cabang Prabumuluh Unit Layanan Syariah. I-Finance, 4(1), 102-120.

Haryanto, R. & Panjaitan, H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Nilai Nasabah Terhadap Citra Perbankan Serta Implikasinya Pada Keputusan Nasabah Menabung Dengan Karakteristik Nasabah Sebagai Variabel Moderating Pada Perbankan Syariah Di Madura. JADE17: Jurnal Doktor Ekonomi, 1(1), 77-98.

Istiqomah, R. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Untuk Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. Skripsi. STAIN Salatiga.

Kotler, P. & Keller, K. N. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi 12, Jilid 1 & 2). Jakarta: PT Indeks.

Lupiyoadi, R. & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.

Maisur, Arfan. M., & Shabri, M. (2015). Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Syariah di Banda Aceh. Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(2), 1-8.

Nashori, F. &. (2002). Mengembangkan Kreativitas dalam Prespektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus.

Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan SyariahTerhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 87-98.

Pakkawaru, I. (2018). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung dan Informasi Sebagai Variabel Moderating. Bilancia, 12(2), 365-387.

Rahmanto, K. (2016). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Desa Sraten Kabupaten Semarang Untuk Menabung di Bank Syariah. Skripsi. IAIN Salatiga.

Rustianawati, M. & Hakim, L. (2017). Pengaruh Produk Syari’ah dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung pada PT Bank Tabunan Negara (BTN) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Syari’ah Probolinggo. Jurnal ECOBUSS, 5(1), 33-46.

Sa’adah, I. D., Hidayati. N., & Mawardi. M. C. (2018). Analisis Variabel Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Produk yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Menabung di PT BPR Artha Kanjuruhan. E-JRA: Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 7(6), 101-113.

Safitri, F. D. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BRI Syariah KCP Demak Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. IAIN Salatiga.

Saibantono, F., Triastity, R., & Susanti, R. (2018). Pengaruh Produk, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Anggota Untuk Menabung (Survei pada Anggota KSPPS Bina Insan Mandiri Cabang Jeruksawit Karanganyar). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 18(1), 55-65.

Sari, D. K. (2015). Faktor-faktor Bauran Pemasaran Jasa yang mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung Tabungan Prama di Bankalti Cabang Utama Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 1-13.

Sarwita, H. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung (Studi Kasus Pada Perumda BPR Majalengka). MAKSI: Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 4(1), 36-45.

Selanti. F., Ma'arifah. I., Muthaher. O. (30 Mei 2019). Meningkatkan “Market Share” Perbankan Syariah. https://www.kompasiana.com/selantifalah/5ceff6423ba7f775b121d596/meningkakan-market-share-perbankan-syariah?page=all. Kompasiana. Diakses tanggal 23 September 2019.

Sutrisno, A. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Salatiga). Skripsi. IAIN Salatiga.

Syafrina, N., & Manik, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Non Muslim Menabung di PT. Bank Syariah Mandiri. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 3(1), 59-70.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran (Edisi 2). Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F., & Chandra. G. (2011). Service, Quality & Satisfaction (Edisi 3). Yogyakarta: ANDI.

Umam, K. (2017). Pelarangan Riba dan Penerapan Prinsip Syariah Dalam Sistem Hukum Perbankan di Indonesia. Mimbar Hukum, 29(3), 391-412.

Undang – Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

Utami, W., Sangen. M., & Rachman, M. Y. (2015). Analisis Pengaruh Religiusitas Kelompok Referensi dan Motivasi Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. Jurnal Wawasan Manajemen, 3(1), 79-89.

Wahyuni, S. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syariah. At-Tawassuh, 2(2), 437-459.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jiec.v5i2.11614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © Syi’ar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking.