DAMPAK COVID-19 TERHADAP EKONOMI DAN SIKAP PERAN GENDER PEKERJA PEREMPUAN DI KABUPATEN SERANG

Nikki Prafitri, Yeni Widyastuti, Arenawati Arenawati

Abstract


Dampak merupakan implikasi dari suatu fenomena. Fenomena Covid-19 memberikan dampak yang serius dalam berbagai bidang kehidupan dan masyarakat itu sendiri. Covid-19 telah membuat ancaman kehilangan pekerjaan bagi masyarakat. Tidak hanya bagi laki-laki, Covid-19 berdampak juga pada perempuan terutama perempuan pekerja. Kabupaten Serang memiliki sumber daya perempuan yang aktif bekerja, namun munculnya Covid-19 menyebabkan peran perempuan pekerja menjadi bertambah dan kondisi ekonomi menurun.   Dampak Covid-19 bagi perempuan pekerja dirasakan terutama pada aspek ekonomi dan sikap peran gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap ekonomi dan sikap peran gender perempuan pekerja di Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak Covid-19 bagi ekonomi pekerja perempuan yakni menurunnya tingkat pendapatan, keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan dirinya sendiri serta meningkatnya pengeluaran yang tidak sebanding dengan pendapatan mereka. Dampak Covid-19 terhadap sikap peran gender perempuan pekerja di Kabupaten Serang adalah munculnya fenomena rekonsiliasi pembagian peran antara laki-laki dan perempuan meskipun triple burden tetap dirasakan oleh pekerja perempuan. 


Full Text:

PDF 42-51

References


Aeni, Nurul. 2021. Pandemi Covid-19: Dampak Kesehatan,Ekonomi dan Sosial. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 17(1),pp 17-34.

Afrizal, Stevany. et.al. (2020). Peran Perempuan Dalam Upaya Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga Pada Kondisi Pandemi Covid-19. Untirta Civic Education Journal (UCEJ), 5 (2), pp 149-162.

Agustin, Lussi dan Moh Yusron Solikin. (2022). Analisis Peran Perempuan dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana informatika, 20(1), pp 17-24.

Creswell, John W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitataif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi III). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damayanti, Arni dan Gede Budarsa. (2021). Peran Ganda Perempuan Bali di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Padang, 8 (1).

Fraenkel, J. dan Wallen, N.1993. How to Design and evaluate research in education. (2nd ed). New York: McGraw-Hill Inc

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (kemenpppa.go.id) (diakses 1 Juli 2023)

Lianawati, Ester. 2008. Kesejahteraan Psikologis Istri Ditinjau Dari Sikap Peran Gender Pada Pasutri Muslim . Jurnal Psikologi. Vol 2. No.1, pp 29-41.

Mea, M. H. C. D., & Hyronimus, H. (2020). Pengaruh Work From Home Terhadap Work-Life Balance Pekerja Perempuan di Kota Ende. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(2).

Purwanto, R. D. (2015). Dampak Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Penambangan Batubara Ilegal Di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim: Skripsi: Universitas Sriwijaya

Rahmanita, Rika. (2020) Analisis Pengaruh Peran Ganda Pada Perawat Wanita Terhadap Kinerja Pada Masa Pandemi Covid-19. Humanika: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, 4(1).

Reichelt, Malte, et.al. 2021. The impact of COVID-19 on gender inequality in the labor market and gender-role attitudes, European Societies, Vol. 23, No.S1, pp S228–S245.

Subarsono. (2006). Analisis Kebijakan Publik- Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibawa, Samodra, et.al. (1994). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v7i2.18740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.