Dinas Kesehatan Dalam Melakukan Pendampingan Dan Pembinaan Puskesmas Era Adaptasi Kebiasaan Baru Di Kota Serang

Rina Yulianti, Ipah Ema Jumiati

Abstract


Dalam mengedukasi masyarakat di dalam memasuki fase new normal life, maka dinas kesehatan melakukan pembinaan dan pendampingan ke puskesmas di dalam memberikam layanan kesehatan kepada masyarakat. Puskesmas memberikan sosialisasi pentingnya hidup sehat dan tetap mengingatkan masyarakat untuk selalau berprilaku hidup bersih, selalu membiasakan cuci tangan dan menggunakan masker. New normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktifitas normal, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan melakukan wawancara dan observasi. Puskesmas sebagai garda terdepan di dalam melakukan layanan kesehatan dapat selalu memberikan edukasi kepada masyarakat agat tidak takut beraktifitas asal tetap menjaga protokol kesehatan.


Full Text:

PDF 73-79

References


Daftar Pustaka

Adnani, Harzina, 2018, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Yogyakarta:Nuha Medika Yogyakarta.

Afni Regita Cahyani Muis. 2020. Transparansi Kebijakan Publik Sebagai strategi Nasional Dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19, Universitas Darusalam Gontor, Ponorogo.

Dian K. Adaptasi Terhadap Kebiasaan Baru Panduan Kerja Sehat Aman Produktif Selama Masa Pandemi Covid 19. Di publis BKKBN. Di akses https://www.researchgate.net/publication/342804299, pada tanggal 26 November 2020.

Kementeraian Kesehatan Republki Indonesia, Direktur Mutu & Akreditasi Pelayanan Kesehatan 2020 , Mutu Pelayanan Faskes Era New Normal

Kementerian Kesehatan RI. 2021 Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Pembinaan Terpadu Puskesmas oleh Dinas Kesehatan Tenaga Kesehatan di Puskesmas — Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. ISBN 978-623-301-226-3

Website

http://kesmas.kemkes.go.id/perpu/konten/pp/pp-no.-66.tentang-kesehatan-lingkungan-pdf (Diakses pada 26 November 2020)

http://kesling.kesmas.kemkes.go.id/# (Diakses pada 26 November 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v7i1.18900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.