KAPASITAS ORGANISASI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TANJUNGSARI KECAMATAN KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT

Ganis Rana Meidityas, Asep Sumaryana

Abstract


Penelitian ini mengkaji mengenai kapasitas organisasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Desa Tanjungsari Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. Ditemukan beberapa indikasi masalah dalam kapasitas organisasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Desa Tanjungsari, diantaranya adalah LPM Desa Tanjungsari yang fungsionalnya belum berjalan secara optimal, kepemimpinan LPM yang masih belum dapat mempengaruhi dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, keuangan LPM yang terbatas, dan LPM Desa Tanjungsari masih belum melaksanakan kolaborasi dengan stakeholder eksternal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kapasitas organisasi yang dikemukakan oleh Bryan (2011) dan Cox et al. (2018) terdiri dari 8 (delapan) komponen yaitu kepemimpinan, strategi, struktur, kemampuan, sumber daya manusia, akuntabilitas, keuangan, dan kolaborasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas organisasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam upaya pemberdayaan masyaralat di Desa Tanjungsari menunjukkan kekuatannya di beberapa komponen kapasitas, namun LPM Desa Tanjungsari juga masih harus melakukan perbaikan pada beberapa komponen kapasitas seperti pada komponen kapasitas kepemimpinan organisasi, sumber daya manusia beserta kemampuan yang dimiliki, akuntabilitas, keuangan, dan kolaborasi.


Full Text:

PDF 1-18

References


Alawiyah, T., Setiawan, Farhan. (2021). Pengentasan Kemiskinan Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Desa. Jurnal Sosiologi USK, Vol. 15(2): 131-154.

Badan Pusat Statistik. (2022). Persentase Penduduk Miskin (P0) Menurut Daerah 2022-2023. https://www.bps.go.id/indicator/23/184/1/persentase-penduduk-miskin-menurut-wilayah.html

Bryan, T. K. (2011). Exploring the Dimensions of Organizational Capacity for Local Social Service Delivery Organizations Using a Multi-Method Approach. Virginia.

Cox, K., Jolly, S., Van Der Staaij, S. (2018). Understanding the Drivers of Organisational Capacity. www.rand.org/giving/contribute.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches, Fifth Edition. Los Angeles: SAGE.

Maryani, D., & Nainggolan, R. R. E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesias. (2018). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa Dan Lembaga Adat Desa. (n.d.). Jakarta.

Mokagow, R. P., Rachman, I., Pangemanan, F. (2023). Peranan Pemimpin Lembaga Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Pasar di Kelurahan Genggulang Kecamatan Kotamobagu Utara Kota Kotamobagu Tahun 2021-2022.

Pajriah, S., & Suryana, A. (2018). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kemiskinan di Desa Pasirlawang Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak. Jurnal UNIGAL, Vol. 5(2), 71–76. https://doi.org/10.25157/ja.v5i2.1939.

Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jakarta.

Presiden Republik Indonesia. (2001). Keputusan Presiden (KEPRES) Nomor 49 Tahun 2001 Tentang Penataan Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa atau Sebutan Lain. (n.d.). Jakarta.

Said, A. (2018). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance. Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v8i2.24155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.