INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL PEMBANGUNAN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG (PUPR) PROVINSI BANTEN UNTUK WILAYAH KERJA PEMBANGUNAN I (KABUPATEN TANGERANG, KOTA TANGERANG DAN TANGERANG SELATAN

Resti Meliana Sari, Arlan Marzan, Isvan Taufik, Karvina Budiwati Apriliani, Agus Lukman Hakim, Hanifah Hani

Abstract


Tujuan dari Indeks Kepuasan Masyarakaat Terhadap Hasil Pembangunan Dinas PUPR Provinsi Banten Untuk Wilayah Kerja Pembangunan I (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan) adalah untuk menganalisis terkait kondisi rill terkait pembangunan Infrastruktur Kewenangan Dinas PUPR Provinsi Banten dan melakukan evaluasi terhadap layanan yang diberikan, Indikator atau pengukuran yaitu (1) ketersediaan fisik (availability) (2) kualitas fisik (quality) (3) kesesuaian (appropriateness) (4) efektivitas pemanfaatan (utility) (5) kontribusi terhadap perekonomian. Adapun jenis infrastruktur prioritas yang dimaksud adalah jalan, drainase, jembatan yang menjadi kewenangan Dinas PUPR Provinsi Banten. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling penentuan sampel peneliti menggunakan rumus Lemeshow, Jumlah sampel 267 responden yang merasakan layanan Infrastruktur dengan 26 ruas jalan Tangerang (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan) dibagi menjadi 3 klaster ruas jalan yaitu Panjang, sedang dan pendek. Penghitungan Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) menggunakan kriteria penafsiran IKLI dan mengacu pada PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017.  Hasil Nilai Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) secara keseluruhan yaitu mendapatkan nilai IKLI sebesar 3,02. Skor tersebut menunjukkan bahwa kinerja layanan infrastruktur yang dinilai masyarakat, puas terhadap layanan infrastruktur yang diberikan, oleh Pemerintah Dinas PUPR Provinsi Banten


Full Text:

PDF 56-76

References


Bazarah, J., Jubaidi, A., & Hubaib, F. (2021). Konsep Pelayanan Publik di Indonesia (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). DEDIKASI: Jurnal Ilmiah Sosial, Hukum, Budaya, 22(2), 105-122.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Furqoni, M. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. 1-12.

Frita, N., Hamdani, I., & Devi, A. (2022). Pengaruh Inklusi Keuangan dan Bank Syariah Terhadap Infrastruktur Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi dalam Program SDGs. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 155-182.

Haliza, S. N., Rohman, H., & Pamungkas, T. S. (2024). Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (Ikli) Pembangunan Jalan Kecamatan Ambulu-Tempurejo Kabupaten Jember. Electronical Journal Of Social And Political Sciences (E-Sospol), 11(2), 179-189.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Jakarta.

Kenastri (2023). Kajian Penguatan Indeks Layanan Infrastruktur di Kabupaten Lahat. FISIP Universitas Airlangga Surabaya.

Marzan, A., Taufik, I., Hakim, Z., Apriliani, K. B., Setyoko, H., & Yuniar, S. (2024). Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Publik Jalan Provinsi pada Wilayah Kerja Pembangunan (Wkp) I (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Dan Kota Tangerang Selatan). JIPAGS (Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies), 8(2).

Marzan, A., Taufik, I., Hakim, Z., Apriliani, K. B., Hakim, l. A., & Hanifah. (2024). Indeks Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Publik Jalan Provinsi Pada Wilayah Kerja Pembangunan (WKP) III Pandeglang-Lebak. SAWALA (Jurnal Administrasi Negara), 12(1), 206-228.

Mursyidah, L., & Choiriyah, I. U. (2020). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Publik. Umsida Press, 1-112.

Ningtyas, D. I. S., & Sari, R. M. (2019). Analisis Kinerja Pelayanan Publik Puskesmas terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 4(2), 122-134.

Pasolong, H. (2014). Teori Administrasi Publik. Alfabeta,

Rizka Mardiyanto, M. I. (2017). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Kualitas Pelayanan Masyarakat di Kantor Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Transparansi.

Sanjaya, N., Hanifah, H., & Yuniar, S. (2023). Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Publik Jalan Provinsi Banten pada Wilayah Kolektor Primer (WKP) II (Serang-Cilegon). Jurnal Sosial Humaniora, 14(1), 83-92.

Santoso, S. (2019). Menguasai Statistik Multivariat dengan SPSS 25. Elex Media Komputindo.

Sinnun, A. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web dengan Metode Servqual, IPA dan CSI. Jurnal Informatika, 4(1).

Sipayung, R. (2023). The Influence of Background Motivation on the Mathematics Learning Achievement of Class V Students of SD Negeri 040529 Ajibuhara.

Tarigan, E. A. (2019). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Lurah Gung Leto Kecamatan Kabanjahe. (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik.

Widajanti, E. (2013). Analisis Tingkat Kepuasan Petani Pemakai Air Irigasi Colo Timur ditinjau dari Kualitas Pelayanan Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Bengawan Solo. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(1), 23458.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jipags.v9i2.32276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.