EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PADA APLIKASI RAGEM DALAM MEWUJUDKAN E-GOVERNMENT DI KOTA SERANG

Hendra Hadyka Todo, Arenawati Arenawati, Sierfi Rahayu

Abstract


Permasalahan yang terjadi masih rendahnya evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pemerintah Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan pada aplikasi RAGEM dalam mewujudkan e-government di Kota Serang. Tingkat efektivitas suatu program pemerintah dapat digunakan sebagai acuan tingkat keberhasilan pelaksanaan suatu program, hal inilah yang membuat penelitian ini menarik bagi peneliti. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Serang dengan aplikasi RAGEM yang dioperasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang (Diskominfo) sebagai subjeknya. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner dan observasi. Teknik analisis menggunakan indikator efektivitas dari Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan SPBE pada aplikasi RAGEM di Kota Serang dilihat dari indikator pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi sudah efektif. Hasil tersebut diperkuat dengan penilaian responden yang menunjukkan bahwa Efektivitas aplikasi RAGEM di Kota Serang berada dalam kategori penilaian yang baik. Dibuktikan dengan Efektivitas aplikasi RAGEM memperoleh penilaian sebesar 77.95%, dimana dimensi pencapaian tujuan menyumbang sebesar 29.95%, dimensi integrasi menyumbang sebesar 28.51%, dan dimensi adaptasi menyumbang 19.89%. Saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan Diskominfo sebagai pelaksana untuk lebih aktif melakukan sosialiasi tentang RAGEM kepada masyarakat dan aktif memperbaharui aplikasi demi keamanan data.


Full Text:

PDF 88-98

References


Affairs, D. of E. and S. (2024). United Nations E-Government Survey 2024: Accelerating Digital Transformation for Sustainable Development - With the addendum on Artificial Intelligence. Stylus Publishing, LLC.

Andriyus, Rusadi, S., & Monalisa. (2023). Penerapan E-Government Melalui Aplikasi ‘Sitanjak Makin Mantap’ Oleh Dinas Sosial. Jurnal Governansi, 9(2), 95–102. https://doi.org/10.30997/jgs.v9i2.7219.

I. Khoirunnisa, T. Yuningsih, and T. Djumiarti. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi “RAGEM” (Religius, Adaptable, Great, Educate, Modern) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang. Journal of Public Policy and Management Review, Vol. 13(1): 1-21. https://doi.org/10.14710/jppmr.v13i1.42443.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. (2023). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor. 108 Tahun 2023 tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2022. Jakarta.

Nizar, I. ., Hasanah, B. ., Annisarizki, A., & Mulyati, B. (2023). The Analysis of Public Service Management in Kota Serang. The Study of the online Application “RABEG” (Reaksi atas Berita Warga). Indonesian Journal of Social Science Research, 4(2): 278-284. https://doi.org/10.11594/ijssr.04.02.16.

Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan Pelayanan Publik E-Government di Pemerintah Kabupaten Sleman. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 32–42.

Pangestu, D., & Anggraini, W. (2022). Strategi Pemerintah Daerah dalam Mengembangkan Kota Cerdas (Smart City) Melalui Smart Government di Kota Serang. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 10(2): 130-141. https://doi.org/10.55678/prj.v10i2.660.

Presiden RI. (2018). Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Jakarta.

Rivaldi, dkk. (2023). Implementasi E-Government Berbasis Aplikasi Ragem Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Serang, Jurnal Sosial dan Humaniora (JIMBA), Vol. 1(1): 35-47.

Rozikin, M., Hesty, W., & Sulikah, S. (2020). Kolaborasi dan E-Literacy: Kunci Keberhasilan Inovasi E-Government Pemerintah Daerah: Collaboration and E-Literacy: Key Success Innovation of Local E-Government. Jurnal Borneo Administrator, 16(1): 61–80. https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.603.

Sabila, Asih. (2022) Efektivitas Aplikasi Reaksi Atas Berita Warga (Rabeg) Online dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Serang. Diploma Thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Scott, M., DeLone, W., & Golden, W. (2016). Measuring eGovernment Success: A Public Value Approach. European Journal of Information Systems, 25(3): 187–208. https://doi.org/10.1057/ejis.2015.11.

Veronica M, dkk. (2022). Efektifitas Teknologi Informasi Pemerintahan Berbasis Elektronik di Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Governance, Vol. 2(2): 1-8. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/governance/article/view/42133/37287.

Walikota Serang. (2017). Peraturan Walikota Serang Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Serang.

Walikota Serang. (2018). Keputusan Walikota Serang Nomor 487/Ket.17/Hukum/2018 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Pelayanan Pengaduan Masyarakat melalui Aplikasi ‘RABEG’ Kota Serang. Serang.

Walikota Serang. (2018). Peraturan Walikota Serang Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Serang.

Walikota Serang. (2020). Peraturan Walikota Serang Nomor 17 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Sistem Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Pemerintah Kota Serang. Rencana dan strategi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang Tahun 2018-2023. Serang.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jipags.v9i2.34481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.