PENGEMBANGAN MODEL STANDAR BELANJA KECAMATAN DI KABUPATEN LEBAK

Julianes Cadith, Rina Yulianti

Abstract


Perencanaan anggaran negara telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan sesuai dengan dinamika manajemen sektor publik dan tuntutan yang muncul di masyarakat, sehingga saat ini berkembang sistem anggaran berbasis kinerja. penyusunan anggaran berdasarkan prestasi kerja dilakukan berdasarkan capaian kinerja, indikator kinerja, analisis standar belanja, standar satuan harga dan standar pelayanan minimal.  Analisis standar Belanja (ASB) adalah standar yang digunakan untuk menganalisis kewajaran beban kerja atau biaya setiap program atau kegiatan yang akan dilaksanakan oleh suatu satuan kerja dalam satu tahun anggaran.   Penelitian ini menggunakan data Sekunder yang digunakan berupa Realisasi Anggaran tahun 2012,  2013 dan 2014 dari 28 kecamatan yang berada di Kabupaten Lebak  kemudian di verifikasi/klarifikasi dengan FGD (Focussed Group Disscussion).  Penyusunan ASB untuk kecamatan- kecamatan di  Kabupaten Lebak yang dilakukan di riset ini dilakukan dengan tahapan sbb : Inventarisasi, Identifikasi, Klasifikasi, klarifikasi, Formulasi dan Due deligent.

 

Kata Kunci, Perencanaan Anggaran, Analisa Standar Biaya, Instrumen


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bastian, Indra. 2010. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Mardiasmo, 2002, Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Pohan, Adolp, 2007, Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja, dalam Pengelolaan Keuangan Darah, Seri Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah, Penyunting: Abdul Halim dan Theresia Damayanti, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Ritonga, Irwan Taufiq, 2010, Analisis Standar Belanja: Konsep, Metode Pengembangan, dan Implementasi di Pemerintah Daerah, Sekolah Pascasarjana UGM, Yogyakarta.

Universitas Gadjah Mada (UGM), 2000, “Standar Analisa Belanja Anggaran Daerah”, Executive Summary, Kerja Sama Antara Setwilda Propinsi Jawa Tengah Dengan PAU Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v4i1.7961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.