STRATEGI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Agnes Erva Yuningsih, Roni Ekha Putera, Kusdarini Kusdarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peningkatan jumlah penyalahgunaan narkoba pada Tahun 2019. Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba yang didukung dengan visi yaitu “Menggerakkan Seluruh Stakeholder dan Segenap Potensi Masyarakat dalam Upaya Pencegahan, Rehabilitasi dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Infoman berasal dari pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat. Adapun hasil dari penelitian ini tipe strategi menurut Koteen, yaitu Strategi Organisasi, Strategi Program, Strategi Dukungan Sumber Daya dan Strategi Kelembagaan dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat menerapkan seluruh tipe strategi tersebut. Dalam pelaksanaannya belum berjalan dengan baik, salah satunya adalah strategi pemanfaatan sumber daya manusia, dimana masih kurnagnya sumber daya manusia yang mencukupi dalam mencegah penyalahgunaan narkoba. Selain itu dalam menjalankan program dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba yang telah direncanakan dari awal masih belum terlaksana secara maksimal karena dalam pelaksanaannya seringkali kurangnya anggaran yang tersedia untuk menjalankan suatu program.


Full Text:

PDF

References


Allison, Michael dan Jude Kaye. 2005. Perencanaan Organisasi Bagi Organisasi Nirbala. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Creswell, Jhon. 2013. Research Design Edisi 3. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Bryson, John M. 2007. Perencanaan Strategi Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Dally, Dadang. 2010. Balance Scorecard Suatu Pendekatan Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. Pt Remaja Rosadakarya.

Denzin, Norman K and Yvona S. Lincoln. 2009 Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen. 2001. Manajemen Strategis. Yogyakarta. Andi

H, Mardani. 2008. Penyalahgunaan Narkoba dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Pudana Nasional. Jakart. PT Raja Grafindo Persada.

Miles, Matthew B and A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis Second Edition. United States of America. Sage Publication.

Nawawi, H. Hadari. 2005 Manajemen Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi Bidang Pendidikan. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Pasolong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung. Alfabeta.

PB, Triton. 2008. Marketing Strategik Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing. Yogyakarta. Tugu Publisher.

Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Salusu, J. 2005. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta. Grasindo.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1995 Metode Penelitian Survai. Jakarta. LPBS.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v5i1.9463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.