PROBLEMATIKA DAN PENANGANAN ANAK JALANAN DI KOTA SERANG PROVINSI BANTEN

Titi Stiawati

Abstract


Anak jalanan adalah sebuah istilah yang disandangkan kepada seorang yang hidup dan bekerja dijalanan, namun secara pasti kehidupan yang dilakukan anak jalan banyak diesbut masyarakt sebagai parasit. Fenomena anak jalanan ini menjadi persoalan publik yang perlu diselesaikan dengan kebijakan yang konsisten. Beberapa penyebab timbulnya anak jalanan seperti rendahnya tingkat pendidikan dan faktor kemiskinan tentunya menjadi pekerjaan berat bagi para Pemerintah Daerah. Kebijakan yang telah dibuat dalam bentuk Peraturan Daerah nampaknya belum kuat untuk menangani permasalahan anak jalanan, walaupun demikian bagi pelaksana yang menangani anak jalanan tidak henti dan bosan dalam melakukan upaya untuk menyelesaikan persoalan anak jalanan, salah satunya dengan dilakukan pembinaan bagi penyandang anak jalanan. Teori Implementasi kebijakan yang dikemukan oleh menurut Meter & Horn dapat menjadi terobosan yang bisa diandalkan bagi pemerintah daerah untuk menangani masalah ini, karena teori  ini secara komprehensif menjelaskan bagaimana menangani persoalan anak jalanan.

Full Text:

PDF 141-150

References


Suharto, Edi. 2011. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.

Tahir,Arifin. 2014. Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Bandung. Alfabeta.

Van Meter, Donald and Carl E. Van Horn, 1975. The Policy Implementation Process : A Conceptual Framework, Department of Political Science. Ohio State University.

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2010 Tentang Pencegahan, Pemberantasan, dan Penanggulangan Penyakit Masyarakat di Kota Serang.

Departemen Sosial Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pelayanan Rehabilitasi Sosial Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak. 2005. Petunjuk Pelaksanaan Pelayanan Sosial Anak Jalanan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jipags.v5i2.9500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats
Free Website Statistics
 
Creative Commons License

Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
Copyright © 2019 Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). All rights reserved.