PENERAPAN PERMAINAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SMK GITA KIRTTI 1 JAKARTA SELATAN

Muhammad Fadly Setyaji, Hernawan Hernawan, Bazuri Fadilah Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa SMK Gita Kirtti 1 Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah penelitan tindakan (Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitiandilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I terdiri dari 7 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 6 kali pertemuan. Kegiatan yang pertama melihat kondisi awal kebugaran jasmani siswa melalui tes kebugaran jasmani Indonesia sebagai berikut : Dari 20 siswa didapatkan sebanyak 2 orang dengan presentase (10%) yang masuk kedalam kategori kurang sekali, 13 orang (65%) yang masuk dalam kategori kurang, dan 5 orang (25%) masuk kategori sedang. Siklus I dilakukan melalui penerapan permainan kelompok  yang dilanjutkan dengan tes kebugaran jasmani Indonesia sebagai berikut : Sebanyak 1 orang dengan presentase (5%) masuk dalam kategori kurang sekali, 8 orang (40%) masuk dalam kategori kurang dan 11 orang (55%) masuk dalam kategori sedang. Pada siklus II dilakukan melalui penerapan permainan kelompok  yang dilanjutkan dengan tes kebugaran jasmani Indonesia sebagai berikut : Sebanyak 3 orang dengan presentase (15%) masuk dalam kategori kurang, 9 orang (45%) masuk dalam kategori sedang dan 8 orang (40%) masuk dalam kategori baik.

Keywords


Penerapan, Permainan Kelompok, Kebugaran Jasmani

Full Text:

pdf

References


Abu Huraerah, P. (2010). Dinamika Kelompok. PT. Reflika Aditama.

Depkes, P. (2010). Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Salemba Medika. Elizabeth B Hurlock. (1980). Jurnal Psikologi Perkembangan.

Emzir. (2015). Jurnal Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.

Fitri Ayo Hendriyani. (2012). Jurnal Profil Kondisi Fisik Atlet Hoki Universitas Negeri Jakarta. Skripsi 2012.

Emzir. (2015). Jurnal Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.

Fitri Ayo Hendriyani. (2012). Jurnal Profil Kondisi Fisik Atlet Hoki Universitas Negeri Jakarta. Skripsi 2012.

Gunarsa, S. D. (1986). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. BPK Gunung Mulia.

H.Y.S Santosa Giriwijoyo. (2012). Ilmu Kesehatan Olahraga. PT. Remaja Rosdakarya.

Harsono. (1993). Latihan Kondisi Fisik. Koni Pusat.

James Tangkudung. (2011). Jurnal Panduan Program Latihan Tahunan.

Koni Pusat. (1998). Tes Pengukuran Kepelatihan. Pusat Pendidikan dan Penataran.

Madya, S. (2011). Jurnal Teori dan Praktek Penelitian Kelas. Alfabeta. Materisma. (2018). Jurnal Hakikat Kebugaran Jasmani.

Muhajir. (2007). Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Kelas XI.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Penerapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Mundy, C. G. (2006). Jurnal Sesi 10 menit, latihan Kebugaran.

Nugraha, S. N. dan H. (2014). Jurnal Teori dan Praktek Permainan Kecil. Siregar, N. M. (2013). Teori Bermain.

SMK. Gita Kirtti 1 Jakarta Selatan. smkgiki1.sch.id. https://www.smkgiki1.sch.id

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Keperibadian. PT.Gravindo Persada.

Wara Kushartanti. (2008). Jurnal Kebugaran Jasmani dan Produktivitas Kerja. Widiastuti. (2011). Tes Pengukuran dan Olahraga. PT. Bumi Timur Jaya.

Widodo, S. (2005). Jurnal Pendidikan Jasmani SMP/MTS Kelas VIII. zonareferensi.com/pengertian-kesegaran-jasmani/ https://www.zonareferensi.com/pengertian-kesegaran-jasmani/.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/josita.v1i1.15421

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.