KESEHATAN OLAHRAGA CEDERA AKIBAT LINGKUNGAN

Bimo Alexander, Riziq Khusnul Khulud, Jose Richideleon Hesa Putra, Minggu Orlando

Abstract


Olahraga adalah aktifitas yang dilakukan manusia untuk mencapai kesehatan jasmani dan juga rohani pada manusia itu sendiri, dan di zaman sekarang ini olahraga sudah banyak di minati oleh kalangan sebagian orang dan malah sudah menjadi kebiasan manusia untuk hidup sehat. Olahraga juga sekarang sudah menjadi tren yang positif jika di lakukan pembinaan pembinaan yang serius juga dapat membangun karakter jika di bentuk ke dalam sebuah pertandingan yang sesuai dengan aturan yang ada, adapun beberapa tingkatan dalam olahraga yang dimulai dari kelompok umur hingga senior atau dewasa. Cedera bagi seorang olahragawan atau atlet adalah hal yang biasa dalam berolahraga atau bertanding, dan biasanya jika seorang atlet atau olahragawan sudah mengalami cedera akan berdampak pada performanya di dalam maupun di luar lapangan, prestasi yang ia raihpun akan mempengaruhi bahkan lebih buruknya lagi seorang atlet tersebut tidak bisa mengikuti sebuah pertandingan atau kompetisi, cedera bisa saja terjadi pada bagian apa saja pada tubuh maka dari itu pemanasan sangat penting sebelum melakukan kegiatan olahraga agar meminimalisi cedera pada saat kita berolahraga,faktor fisik juga perlu di perhatikan dalam berolahraga karena jika fisik semakin kuat maka segala hal hal yang mempengaruhi selama berolahraga tidak akan terjadi terutama cedera pada otot,kram dan yang lainnya.


Keywords


Injury; sport; training

Full Text:

pdf

References


Bompa, Tudor. 1994. Theory and Methodolgy og of Training. Toronto. Kendal Hunt Publishing Company.

Sukadiyanto. 2005. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta. FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Yusni. 2019. Cidera Olahraga. Syiah Kuala University Press. Banda Aceh, Aceh. Sumartiningsing, Sri. 2012. Cedera Keselo pada Pergelangan Kaki. Vol.2. Edisi 1. 2: 54 – 58. Setiawan, Arif. 2011. Faktor Timbulnya Cedera Olarhraga. Vol.1. Edisi.1. 1: 94 – 98. Universitas Negeri Semarang.

Rahayu. P. W. 2012. Faktor risiko terjadinya cedera pada anak usia sekolah dasar. Berita Kedokteran Masyarakat. Vol. 23, No. 3.

Endah Setiani Agri Fera, Prionoadi Bambang. 2015. Identifikasi Pemahaman Guru Penjas dalam Pengetahuan, Penyebab, Klasifikasi dan Jenis Cedera Olahraga. MEDIKORA Vol. XIV No. 1. FIK Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/josita.v1i1.15427

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.