Penanaman Nilai Kearifan Lokal Dalam Permainan Tradisional Ampar-Ampar Pisang di Sekolah Dasar

Asfiyatu Dzambiyah, Hanifah Aulia Balqis, Syifa Nurfebriyani, Patra Aghtiar Rakhman

Abstract


Permainan tradisional “Ampar-Ampar Pisang” sudah berkembang cukup lama dan perlu dilestarikan karena permainan tradisional ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan kebugaran jasmani bagi pemainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penanaman Nilai Kearifan Lokal Dalam Permainan Tradisional Ampar-Ampar Pisang di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang dipilih adalah studi literatur di mana peneliti mengkaji dan menganalisis berbagai teori. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan artikel pada jurnal nasional dari tahun 2019 hingga tahun 2023. Tahapan pengumpulan data adalah tahap reduksi data, tahap display data, dan tahap simpulan analisis data. Hasil menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalam permainan ampar-ampar pisang dapat membentuk karakter anak. Maka dari itu, nilai kearifan lokal tidak sama di beberapa daerah karena dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat setempat. Namun secara nasional, kearifan lokal (local wisdom) di Indonesia mengajarkan warganya untuk bersikap ramah, kooperatif, santun, mau berkorban, memiliki etos kerja yang baik, saling menghormati, dan toleransi.


Keywords


Nilai, permainan tradisional, Ampar-ampar Pisang

Full Text:

PDF

References


Apriati, Y., & Alfisyah, A. (2020). Revitalisasi Folk Song (Nyanyian Rakyat) Sebagai Media Penanaman Nilai Dikalangan Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 9(2), 1109-1119.

Hakim, A. A. (2020). Survei Perkembangan Olahraga Tradisional Di Kabupaten Tuban. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(1).

Khairunnisa, K. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BANJAR CUK-CUK BIMBI DAN AMPAR-AMPAR PISANG. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 315-326.

Maulida, M. (2020). OPTIMALISASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN LAGU DAERAH “AMPAR-AMPAR PISANG”. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 10-16.

Mahmudah, U., Ulwiyah, S., Fatimah, S., & Hamid, A. (2021). Transformasi Karakter Anak Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Melalui Tarian Tradisional: Pendekatan Bootstrap. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 108-118.

Nurwahidin, M., & Sudjarwo, S. (2022). PERMAINAN TRADISIONAL DAERAH SEBAGAI SARANA PENGUATAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(6), 2587-2596.

Sari, D. I. P., Setiani, M., Mugnianingsih, N. A., Ramadhan, S. A. R., Afiani, A., & Putri, P. (2021). MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN AMPAR-AMPAR PISANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN METODE SARISWARA. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1).

Tjahjaningsih, E., RS, D. H. U. N., & Radyanto, M. R. (2022). Edukasi Permainan Tradisional Bagi Generasi Muda Dalam Upaya Pelestarian Permainan Yang Sudah Terlupakan. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(2), 96-100.

Aqobah, Q. J. (n.d.). Edukasi Kesehatan Tentang Aktivitas Fisik Dan Gizi Seimbang Selama Pandemi Covid 19.

Jumrotul Aqobah, Q., Setiakarnawijaya, Y., Ali, M., Brayntin Rahail, R., & Hakim, N. (n.d.). MENGUNGKAP TREN PENELITIAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM JURNAL BEREPUTASI INTERNASIONAL. In Physical Education (Vol. 7, Issue 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/josita.v2i1.19729

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.