MODEL PEMBELAJARAN PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA UNTUK SD KELAS ATAS

Fatmawati Fatmawati, Nofi Marlina Siregar, Hernawan Hernawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan olahraga tenis meja dengan cara memodifikasi pembelajaran untuk SD kelas atas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall, dimana penelitian menggunakan 10 tahapan yaitu (1) Studi Pendahuluan (Research and Information Collecting) (2) Merencanakan Penelitian (Plannin) (3) Pengembangan Desain (Develop Preliminary of Product (4) Preliminary Field Testing (Uji Lapangan Awal) (5) Revisi Hasil Uji Lapangan Terbatas (Main Product Revision) (6) Main Field Test (7) Revisi Hasi Uji Lapangan (Operational Product Revision) (8) Uji Kelayakan (Operational Field Testing) (9) Revisi Final Hasil Uji Kelayakan (Final Product Revision) (10) Desiminasi dan Implementasi Produk Akhir (Dissemination and Implementation). Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa model pembelajaran pukulan forehand drive melalui pembelajaran untuk SD kelas atas sebanyak 10 model yang telah diuji cobakan dalam kelompok kecil 15 siswa-siswi kelas atas SDN 04 Pagi Cakung Barat dan uji coba kelompok besar melibatkan 30 siswa-siswi kelas atas Sekolah Dasar Negeri 08 Pagi Cakung Barat.


Keywords


Pembelajaran pukulan forehand drive tenis meja, SD kelas atas

Full Text:

PDF

References


Ardhana, Wayan. (2002). Konsep Penelitian Pengembangan Dalam Bidang dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

A.M. Bandi Utama. Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain dalam Pendidikan.

Atika Anggraini, Andika Triansyah, Fitriana Puspa Hidasari. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Keterampilan Forehand Drive Tenis Meja Penjas FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1).

Benny A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (2007). Educational Research: An Introduction (8th ed.). New York: Longman.

Dewi Permatasari. (2007). Buku Pintar Tenis Meja. Jakarta: Anugrah.

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Diana Mutiah. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

HARYONO. (2016). Peningkatan Pembelajaran Pukulan Forehand Drive Tenis Meja Melalui Pendekatan Bermain. Jurnal Ilmu Pendidikan Meretas, 3(3).

Juriana. (2016). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Labib Zian Wildani. (2018). Pengaruh Latihan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive dan Backhand Peserta Ekstrakulikuler Tenis Meja Di MTSN Pacitan. E-Journal, 4(3).

Larry Hodges. (2002). Tenis Meja Tingkat Pemula. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Meredith D. Gall, Joyce P. Gall, & Walter R. Borg. (2007). Educational Research (8th ed.). New York.

Muhamad Abdurrochim & Hari Amirullah Rachman. (2016). Pengembangan Model Permainan BolaTangan Untuk SD Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 4(1).

Muherman. (2017). Pengaruh Open Skill Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Tenis Meja. Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 6(1).

Nusa Putra. (2015). Research & Development, Penelitian dn Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Puji Lestari. (2019). Kontribusi Kemampuan Backhand dan Forehand Drive Kedinding Kemampuan Bermain Tenis Meja Mahasiswa PJKR FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1).

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PPs UPI dan UPT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/josita.v2i1.19781

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.