MODEL PERMAINAN OLAHRAGA GATEBALL UNTUK PEMULA

Muhamad Apriyadi, Sri Nuraini, Nur Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pemainan olahraga gateball untuk pemula sebagai media melatih akurasi, kekompakan dan kerjasama tim. Pengambilan data dilakukan pada bula juli 2021 dilapangan Komplek Sari Gaperi Jl Bukit Tinggi RT/RW 002/006 Kel Jati Bening Baru Kec Pondok Gede Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala metode Research & Development (R&D) dari ADDIE, yaitu dengan mengembangkan model permainan dengan lima tahapan, yaitu 1) Analisis (Analyze), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Pelaksanaan (Implement), 5) Evaluasi (Evaluate). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 6 – 12 tahun yang berjumlah 8 anak sebagai subjek Uji Coba (Praktek Lapangan). Uji validasi yang digunakan pada penelitian adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model yang telah dibuat diujicobakan, kemudian dikonsultasikan dan dinilai oleh para ahli sesuai dengan variabel yang terkait. Uji coba yang dilakukan selama 3 kali pertemuan dengan mengunakan 10 model permainan olahraga gatebal untuk pemula usia 7-12 tahun yang telah di modifikasi untuk peneliti analisa dengan pengisian angket justifikasi oleh dosen ahli (expert judgment). Setelah divalidasi oleh dosen ahli maka didapatkanlah 10 model permainan yang dianggap layak dan kemudian dilakukan uji coba. Model permainan ini nantinya dapat dijadikan referensi oleh para pengajar anak-anak untuk melatih akurasi,kekompakan dan kerjasama tim. Kesimpulan akhir yang diperoleh melalui penelitian ini adalah 10 model gerak olahraga gateball untuk pemula melalui permainan modifikasi yang peneliti buat layak dilakukan dan digunakan.

Keywords


Model permainan; olahraga; gateball

Full Text:

PDF

References


Brach, R. (2009). Approach instructional. The ADDIE Statistical Field Theory: 53. https://doi.org/10.107/08-0-387-09506-6

Diana. (2010). Definisi Bermain. http://ethnes.uin- malang.ac.id/1220/6/10410170_Bab_2.pdf

Hanrianto. (2015). Definisi bermain dan tahapan bermain untuk anak usia sekolah dasar: 17. https://etheses.uinmalang.ac.id/1220/6/104 10170_Bab_2.pdf

Jamal, M.A. (2011). Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. (Yogyakarta: Diva.Press)

Nuraini, S., & Nugraha, H. (2015). Teori dan Praktek Permainan Kecil. (Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNJ) Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta) Sujawerni, V. Wiratna. (2014). Metodologi penelitian. (Yogyakarta: PT. Pustaka Baru) Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan.

(Jakarta: PT. Bumi Aksara)

Tedjasaputra, M.S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. (Jakarta: PT. Grasindo)




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/josita.v2i1.19783

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.