MENINGKATKAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN KAKI ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL

Masnur Ali

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa permainan untuk dapat latihan koordinasi mata tangan dan kaki melalui permainan tradisional untuk anak. Koordinasi mata tangan dan kaki merupakan suatu kemampuan seseorang dalam mengkoordinasikan mata, tangan, dan kaki dalam merangkai berbagai gerakan menjadi satu dalam satu satuan waktu secara tepat dan menyeluruh dan tepat dalam irama gerak yang terkontrol sesuai dengan tujuan. Metode penelitian dalam tulisan ini adalah library research atau penelitian kepustakaan. Berikut adalah beberapa permainan yang telah diidentifikasi dapat melatih keterampilan koordinasi anak diantaranya: permainan boy-boyan, bola api, lato-lato bedil Meriam, sumpitan, o-som, sipak rago, kotak pos, gatrik, ampar-ampar pisang, egrang, bakiak, lempar kaleng, permainan kelereng, tepuk stik, bedil sorolok, jamuran, bola bekel, layang-layang, sepakbola manuk, angklek, pletokan, bedil salorok. Beberapa permainan tersebut membuat atlet melakukan gerakan yang membutuhkan koordinasi mata, tangan dan kaki yang dapat meningkatkan kemampuan koordinasi anak.


Keywords


Koordinasi mata tangan dan kaki, Permainan tradisional

Full Text:

PDF

References


Ali. Masnur & Aqobah, Qory, J. 2020. Improving The Balance Movement Of Lower- Grade Students Through The Modification Of Engklek Traditional Games. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar JPSD Vol. 6 No. 1.

Ali, M., Nugraha, H., & Aqobah, Q. J. (2021). Traditional games and social skills of children in the pandemic era. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1), 104-117.

Ali, Masnur & Lumintuarso, Ria. 2017. Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh dengan Media POA pada Siswa Kelas IV SDI Al- Azhar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar JPSD Vol.3 No1. Halaman 53-63.

Ali, M., & Aqobah, Q. J. (2021). Permainan Tradisional Betawi Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal E-Plus (Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah), 6(2), 151-161.

Ali. Masnur dan Qory Jumrotul 'Aqobah. 2018. Pengaruh permainan tradisional terhadap perilaku kepemimpinan peserta didik di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA Vol 1, No 1 (2018).

Anwar, A., Handayani, O. W., & Rumini, R. (2020). The Movement Form Of Traditional Game (Buja Kadanda) “Dou Mbojo” Related To Physical Education Values. Journal of Physical Education and Sports, 9(1), 57-62.

BUDI, SUSILO and Bangkit Seandi, Taroreh (2020) AKTIVITAS FISIK GERAK DASAR MANIPULATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK TAMAN KANAK- KANAK DI KECAMATAN MESUJI. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

Djuwita, Warni; Fakhri, Mohammad. 2020. Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini Pada PAUD Di Kota Mataram. aṣ-ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, n. 2, p. 87-102, jan. 2020. Joo, Y. S., et al. 2019. What Works in Early Childhood Education Programs?: A Meta– Analysis of Preschool Enhancement Programs. Early Education and Development. doi:10.1080/10409289.2019.1624146.

Hartman Nugraha, Hernawan, & Masnur Ali. (2022). PELATIHAN OLAHRAGA TRADISIONAL KEPADA GURU DI KOTA CILEGON. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022P-45 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33659

Mulyana (2020). MODEL PEMBELAJARAN MANIPULATIF BERBASIS SHOOTING BOLABASKET (MELDES) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR.SPORT SCIENCE AND EDUCATION Jurnal. Vol 2 no 1.

Palupi Ardanari, Edy Mintarto, Abdul Rahman Syam Tuasikal, Suroto Suroto. (2020). Aktivitas bermain memberikan stimulasi positif terhadap keterampilan gerak manipulatif anak usia 6-12 tahun. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol 4, No 1, 79-84.

RESTY GUSTIAWATI, . (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF RESTY BERBASIS PERMAINAN UNTUK USIA SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Yudanto, Y. (2020). Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 92-104. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13976




DOI: http://dx.doi.org/10.52742/josita.v2i2.22485

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.