PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR MANIPULATIF ANAK USIA 6 – 8 TAHUN DI RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK (RPTRA) UTAN KAYU SELATAN

Indra Khairul Arifin, Nofi Marlina Siregar, Sri Nuraini

Abstract


Gerak dasar merupakan suatu kemampuan yang penting dikuasai oleh setiap anak agar dapat melatih dan menghasilkan gerakan – gerakan yang kompleks. Modifikasi permainan tradisional adalah sebuah aplikasi permainan yang dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar pada anak, terutama gerak dasar manipulatif. Modifikasi permainan tradisional adalah sebuah permainan yang diadaptasi dari sebuah permainan tradisional lalu dimodifikasi dari peraturan serta peralatan yang dipakai.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan modifikasi permainan tradisional dalam meningkatkan gerak dasar manipulatif pada anak usia 6 – 8 tahun di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Utan Kayu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Action Research dengan model Kemmis & Mc Taggart, menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus dengan jumlah 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada gerak dasar manipulatif anak dengan memperoleh nilai rata – rata pada tes awal 63,8, siklus I 72,8 hasilnya gerak dasar manipulatif pada anak usia 6 – 8 tahun yang tuntas sebanyak 5 (41,7%) anak. Lalu dilakukanlah siklus II dan mencapai nilai rata – rata 82,2 dan hasilnya gerak dasar manipulatif pada anak usia 6 – 8 tahun yang tuntas sebanyak 12 (100%) dan dinyatakan tuntas dan berhasil dapat meningkatkan gerak dasar manipulatif anak usia 6 – 8 tahun di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Utan Kayu Selatan.

Keywords


Gerak dasar manipulatif, bermain, modifikasi permainan tradisional

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak (S. Sahara (ed.)).

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73.

Hendra, J., Indra Putra, G., & Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, P. (2019). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Anak Melalui Permainan Olahraga di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2).

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 124–142.

Suharman. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 93–115.

Triana, D. D. (2020). Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran Tari. CV.Jakad Media Publishing.

Utari, Y. I., & Indahwati, N. (2015). Upaya Meningkatkan Gerak Dasar Lokomotor Anak Tunagrahita Ringan Melalui Permainan Tradisional (Pada Siswa- Siswi Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Mulya Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 279–282.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/josita.v4i1.32498

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.